Pantau Flash
Peneliti Indonesia Ikut Riset Gabungan Temuan Obat Covid-19 di Bawah WHO
Presiden Jokowi: Pemerintah dengan BI dan OJK Optimalkan Kebijakan Moneter
Kepanikan Akibat Korona Mereda, BI: Modal Asing Mulai Masuk
Seluruh Atlet PBSI Negatif COVID-19 Usai Jalani Rapid Test
Pegadaian Ajak Masyarakat untuk Gunakan Transaksi Digital

Alipay Respon Risiko Pembayaran Pengenalan Wajah, Aman?

Headline
Alipay Respon Risiko Pembayaran Pengenalan Wajah, Aman? Seorang pelanggan menggunakan mesin pembayaran pemindaian wajah Alipay (Foto: Xinhua)

Pantau.com - Menanggapi kekhawatiran atas risiko aplikasi pertukaran wajah berbasis kecerdasan buatan yang mungkin mengumpulkan foto wajah pribadi, platform pembayaran seluler China Alipay mengatakan teknologi saat ini tidak dapat mengelabui pembayaran pengenalan wajah tidak peduli seberapa realistis foto itu.

Bahkan jika kasus penipuan seperti itu terjadi, yang kemungkinan sangat kecil, Alipay akan membayar korban secara penuh melalui perusahaan asuransinya, Alipay mengumumkan di akun Weibo-nya pada hari Minggu (1 September 2019)

Sebuah aplikasi seluler, ZAO, yang memungkinkan pengguna untuk mengunggah foto wajah mereka dan menukar mereka dengan wajah selebritas dalam cuplikan video film-film hit atau serial TV, menjadi viral di China baru-baru ini.

Baca juga: Agar Indonesia Untung, Regulasi Alipay dan Wechat Pay Masih Proses

Aplikasi berbasis AI ini meningkatkan kekhawatiran publik atas privasi dan keamanan informasi pribadi. Orang-orang khawatir bahwa foto wajah mereka akan digunakan oleh penjahat untuk menyerang akun mereka, terutama akun pembayaran seluler yang menggunakan pengenalan wajah.

Dikutip China Daily, Alipay menjelaskan pengenalan wajahnya didasarkan pada teknologi pengenalan wajah 3D. Sebelum mengenali wajah, ia menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak untuk menentukan apakah wajah yang dikumpulkan dihasilkan oleh foto, video, atau simulasi perangkat lunak.

Selain itu, fungsi pembayaran pengenalan wajah hanya dapat diaktifkan jika pengguna mengizinkannya dan telah memasukkan kata sandi pembayaran sebelum menggunakannya, dan itu dapat ditutup kapan saja, kata Alipay.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Nani Suherni

Berita Terkait: