Pantau Flash
Anies Pastikan Sore Ini Tinggi Muka Air di Pintu Air Manggarai Normal
Penembakan di Cafe Shisha Jerman, 9 Orang dan Pelaku Tewas
Jokowi Benarkan 4 WNI Positif Korona di Kapal Pesiar Diamond Princess
Ada Gubernur Belum Alihkan Kewenangan Izin Investasi, Bahlil Lapor Presiden
KPK Takut Tangkap DPO Eks Sekretaris MA Nurhadi?

Angka Kecelakaan Berkurang, Jasa Raharja Hemat Uang Santunan Nih

Angka Kecelakaan Berkurang, Jasa Raharja Hemat Uang Santunan Nih Ilustrasi (Pixabay)

Pantau.com - Pembayaran santunan PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Jawa Tengah pada arus mudik dan balik Lebaran 2019 mengalami penurunan drastis sebesar 67,08 persen dibandingkan tahun lalu seiring berkurangnya kejadian kecelakaan di lalu lintas.

"Jika selama H-7 sampai H+7 tahun 2018 jumlah pembayaran santunan atau klaim mencapai Rp23,5 miliar, tahun ini dengan periode yang sama pembayaran klaim sebesar Rp7,7 miliar," kata Kepala Divisi Human Capital PT Jasa Raharja (Persero) Sulistianingtias, di sela acara pemberangkatan Mudik Balik Bareng BUMN dengan menggunakan kereta api dengan tujuan Stasiun Pasar Senen, Jakarta di Stasiun Tawang Semarang, Jumat (14/6/2019).

Baca juga: Indonesia Utang Rp707,8 Miliar ke Bank Dunia, untuk Apa Lagi?

Ia memberi contoh klaim santunan klaim untuk meninggal dunia yang sebelumnya Rp11,6 miliar di tahun 2018, tahun ini hanya Rp7,7 miliar. Begitu juga dengan pembayaran perawatan yang tahun 2018 bisa mencapai Rp11,3 miliar, pada tahun ini hanya Rp38,6 juta.

Sulistianingtias menjelaskan program Mudik Balik Bareng BUMN tersebut bertujuan untuk mengurangi kepadatan jalan, memberikan kenyamanan kepada pemudik, dan mengurangi kasus kecelakaan lalu lintas selama arus mudik dan balik Lebaran.

Tidak hanya melepas pemberangkatan pemudik, ia juga menyempatkan diri berbincang dengan para pemudik dan membagikan mainan ke anak-anak berupa boneka Barbie untuk anak perempuan dan mainan robot untuk anak laki-laki di dalam gerbong kereta api.

Baca juga: Gawat! Sri Mulyani Was-was Rupiah Jadi Rp15.000 per Dolar AS di 2020

Ia menjelaskan bahwa Jumat (14/6/2019) merupakan hari terakhir pelepasan pemudik yang hendak balik ke Jakarta, baik itu yang menggunakan bus  dan telah diberangkatkan pada Kamis (13/6) dari Solo sebanyak 70 bus dan kereta api (lima gerbong, dua gerbong dari Surabaya, serta tiga gerbong pada Jumat dengan kereta dari Surabaya).

Selama arus mudik dan balik, tambah Sulistianingtias, PT Jasa Raharja telah menyiagakan sebanyak 2.000 personel untuk melayani pemudik baik yang bertugas dalam pelaporan, bertugas di pos dan rest area karena ada 156 titik pos siaga, 167 pos kesehatan, dan 15 titik "rest area" di jalur pantura untuk pengendara sepeda motor.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Penulis
Nani Suherni
Category
Ekonomi

Berita Terkait: