Pantau Flash
Kemenparekraf Peringkat Pertama Anugerah KIP Kategori Menuju Informatif
Mentan SYL Resmikan Penggilingan Padi dan Salurkan Bantuan di Bulukumba
COVID-19 RI Pecah Rekor Lagi! Kasus Positif Naik 6.267 dengan Total 534.266
Polisi Bakal Panggil Pihak RS Ummi Diduga Halangi Satgas Soal Swab HRS
Survei SMRC: Mayoritas Publik Tak Mau Tunda Pilkada 2020

Aprobi Siap Penuhi Kebutuhan B30 9 Juta Kiloliter Pertahun

Headline
Aprobi Siap Penuhi Kebutuhan B30 9 Juta Kiloliter Pertahun B30 (Foto: Istimewa)

Pantau.com - Wakil Ketua Produsen Biofuel Indonesia (Aprobi), Harry Hanawi, menyatakan  siap memasok kebutuhan biodiesel B30 (biodiesel dengan minyak kelapa sawit 30%) 9 juta kiloliter pertahun. Pada  2020, pemerintah menargetkan penggunaan B30 untuk semua kendaraan bermesin diesel.

Baca juga: Uji Jalan B30 Capai 80 Persen, Hasilnya Kendaraan Penumpang Lebih Hemat

Lebih lanjut, Hanawi juga mengatakan dengan memiliki kapasitas pabrik hingga 11 juta kiloliter, Indonesia juga bisa menekspor B30 ke beberapa negara seperti China, Eropa hingga ke Amerika Serikat. Namun Hanawi juga menegaskan Aprobi akan lebih memprioritaskan kebutuhan dalam negeri dibanding eksport. 

"Dari Aprobi kita lebih mengutamakan kualitas, sehingga kendaraan-kendaraan ini semua berjalan dengan lancar, meskipun dicampur dengan minyak sawit," kata Harry Hanawi seperti dikutip dari CNBC.

Sebelumnya, Kementerian ESDM dan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit berhasil melaksanakan uji jalan B30. Ada 7 mwrek mobil berpartipasi dan selanjutnya mandatory B30 akan dimulai pada 1 Januari 2020.

Baca juga: Hasil Uji Jalan B30 Pada Kendaraan Bermesin Diesel: Emisi Lebih Rendah

Kepala Badan Litbang Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana, menjelaskan mobil kendaraan sudah menempuh 42.000 km dari target 50.000 km. Lalu, mobil niaga besar sudah menempuh 30.000 km dari target 40 ribu.

"Jadi ini sudah 80% berjalan. Hasil sementara kami sampaikan ke Menteri ESDM," kata Dadan di kantor Balitbang Kementerian ESDM, Jakarta.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty

Berita Terkait: