Bahan Pangan Dongkrak Inflasi, Mendag Angkat Bicara

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita (Pantau.com/Ratih Prastika)Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita (Pantau.com/Ratih Prastika)

Pantau.com Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita angkat bicara soal data inflasi Januari 2018 yang baru saja dirilis Badan Pusat Statistik (BPS). BPS mencatat, inflasi pada Januari 2018 berada di angka 0,62 persen dengan kontribusi terbesar berasal dari bahan pangan seperti beras, ayam hingga peningkatan harga rokok kretek.

“Februari, insya Allah lah (pasokan) kita upaya stabilisasi harga dengan pasokan. (Kami) akan berusaha semaksimal mungkin,” ujar Enggartiasto yang ditemui disela Rapat Kerja Kementerian Perdagangan, Kamis (1/2/2018).

Enggartiasto mengatakan, pihaknya bakal mengaku terus berupaya menjaga pasokan bahan pangan. Salah satunya dengan menggelar pertemuan bersama peternak untuk menjaga stabilisas harga.

“Peternak kemarin udah kumpul, kemarin drop jauh sekali telur sama ayam. Kita mau rumuskan ada range harga, jadi within the range, nggak boleh turun ke bawah tapi jangan terlalu naik ke atas,” ucap Enggartiasto.

Lebih lanjut, Enggartiasto mengatakan, bukan hanya stabilisasi harga ayam namun juga semua yang terkait dengan kebutuhan produksi.

“Tapi nggak bisa hanya telur aja tapi kesatuan yang terkait makanya kemarin kita bicara dengan Kementan (Kementerian Pertanian),” kata Enggartiasto.

Tim Pantau
Penulis
Martina Prianti