Pantau Flash
Gedung Putih Pastikan Pilpres AS Tetap Digelar 3 November 2020
Ombudsman Soal Ganjil Genap: Waspadai Klaster Transportasi Publik
BPS: Inflasi Tahunan yang Terendah Sejak Mei 2000
Gibran Kantongi Dukungan Penuh Prabowo Subianto di Pilkada Solo
Update COVID-19 RI per 3 Agustus: 1.679 Kasus Baru, Total Positif 113.134

Bank Diminta Turunkan Bunga 1 Persen

Bank Diminta Turunkan Bunga 1 Persen Fadel Muhammad. (Foto: Antara/Sella Panduarsa Gareta)

Pantau.com - Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad meminta pemerintah segera membantu pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dengan menurunkan bunga bank hingga menjadi satu persen, sebagai stimulus pemulihan ekonomi akibat COVID-19 dapat berjalan lebih cepat.

"Apabila pemerintah mau mengambil sikap seperti itu, saya yakin pemulihan ekonomi tidak akan sampai tiga tahun seperti yang diprediksikan," kata Fadel dalam keterangannya di Jakarta.

Baca juga: Duh! Rupiah Kian Melemah Terhadap Dolar Amerika Hingga Menyentuh Rp13.806

Hal itu dikatakannya dalam Diskusi Empat Pilar dengan tema "Adaptasi New Normal" di Media Center, Kompleks Gedung MPR/DPR RI, Jakarta, Senin 6 Juli 2020.

Menurut dia, saat ini hampir semua pengusaha dalam keadaan yang sulit dan tidak likuid karena tanpa adanya keberanian dari pemerintah memberi subsidi, maka perekonomian tidak likuid.

Ial memperkirakan pemerintah hanya perlu dana Rp200 triliun untuk menyuntik bunga bank, namun perekonomian nasional akan segera pulih dalam waktu singkat.

Fadel menjelaskan dirinya ketika menjadi Ketua Komisi XI DPR RI berupaya menurunkan bunga bank dari 22 persen menjadi 11 persen, dengan langkah itu, perekonomian bisa lebih cepat tumbuh.

Baca juga: Soal Perppu KPK, Fadel Muhammad Sarankan Hal Ini!

"Itu saya yang punya ide, saat itu harus berbicara dengan Menteri Keuangan dan membahas dengan anggota Komisi XI DPR RI. Dalam pertemuan-pertemuan yang ada kita dorong agar ada subsidi bunga bank," katanya.

Dia menjelaskan, saat itu pemerintah tidak berani mengeluarkan subsidi untuk bunga bank sebab selama ini yang ada adalah subsidi listrik, BBM, dan lainnya.

Namun, menurut dia, setelah melalui proses akhirnya turun juga subsidi bunga bank sebesar Rp16,8 triliun, dan saat ini bunga bank disebut tinggal sebesar tujuh persen.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Widji Ananta

Berita Terkait: