Batas Impor Garam Industri Dipatok dan Tidak Perlu Izin KKP, Kok Bisa?

ilustrasi (setkab)ilustrasi (setkab)

Pantau.com Pemerintah memutuskan kebijakan impor garam industri tidak lagi membutuhkan rekomendasi dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution mengatakan untuk garam industri tidak lagi membutuhkan rekomendasi dari KKP.

“Aturannya tetap di KKP tapi untuk garam industri, kita tidak memerlukan rekomendasi (KKP) setiap impor. (impor) akan dilakukan oleh mendag (Menteri Perdagangan) dengan batas 3,7juta ton,tadinya sebenarnya tidak pernah pakai batas batas, pokoknya (sekarang) dikasih (batas),” ujar Darmin, Jumat (19/1/2018).

Baca jugaPemerintah Putuskan Bakal Impor Garam Industri, Seberapa Banyak?

Keputusan dua hal yang disampaikan Menko Darmin, merupakan bagian dari hasil rapat koordinasi terbatas (Rakortas) di Kementerian Koordinator Perekonomian yang dihadiri Kementerian Perdagangan, Kementerian KKP, Kementerian Perindustrian, dan Kemenko Kemaritiman.

“Menteri perdagangan tadi meminta supaya diberikan rekomendasi (KKP) itu tidak perlu diminta setiap kali (impor). Tetapi bisa dilakukan oleh menteri perdagangan impornya sebanyak kebutuhan industri yang menggunakan garam,” papar Darmin.

Tim Pantau
Editor
Martina Prianti