Begini Kriteria Calon Gubernur BI Pilihan Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo. (setkab)Presiden Joko Widodo. (setkab)

Pantau.com Masa tugas Agus Martowardojo sebagai Gubernur Bank Indonesia (BI) akan berakhir pada Mei 2018. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, calon gubernur BI haruslah orang yang dapat dipercaya publik dan pasar.

Tidak hanya itu, Jokowi juga mengungkapkan sejumlah kriteria yang harus dimiliki calon gubernur BI. “Tentu saja yang bisa memberikan kepercayaan pasar mengenai makroekonomi kita, moneter, dan inflasi. Kepercayaan publik dan pasar diperlukan (calon) gubernur BI,” kata Jokowi usai Dies Natalis ke-68 Universitas Indonesia, Jumat (2/2/2018).

Mantan gubernur DKI Jakarta itu mengaku belum menerima masukan nama calon gubernur BI yang bakal menggantikan Agus Martowardojo. Meski demikian, ia menyadari batas waktu penyerahan nama calon gubernur BI harus disampaikan ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada akhir Februari 2018. 

Selanjutnya, DPR bakal melakukan uji kelayakan dan kemampuan calon gubernur BI yang disampaikan Presiden. Dengan demikian, sebelum masa tugas Agus Martowardojo berakhir, sudah dikantongi nama calon gubernur BI terpilih.  

Tim Pantau
Penulis
Martina Prianti