Berikut Alasan Mengapa Harga Pangan Jadi Ancaman Terbesar Inflasi

Pembeli beras di Pasar Induk Beras Cipinang. (Pantau.com/Ratih)Pembeli beras di Pasar Induk Beras Cipinang. (Pantau.com/Ratih)

Pantau.com Kepala Ekonom BTN, Winang Budoyo memperkirakan sumber inflasi pada tahun ini akan didorong oleh harga makanan. Bahan bakar minyak (BBM) dan tarif listrik, diperkirakan tidak akan memberikan tekanan besar lantaran terbitnya kebijakan pemerintah yang tidak menaikkan harga BBM bersubsidi dan tarif listrik di triwulan pertama 2018.

Sebelumnya pada 2017, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi sepanjang tahun lalu sebesar 3,61%. Kenaikan tarif listrik dan BBM pada Maret-Juli

dinilai menjadi penyebab melonjaknya harga bahan pokok hingga adanya pergeseran konsumsi masyarakat.

“Sumber pendorong inflasi di 2018, adalah harga makanan. Untuk itu, pemerintah perlu lebih ketat menjaga pasokan makanan terutama terkait distribusi,” kata Winang ketika dihubungi Pantau.com. 

Terkait harga pangan, Winang melanjutkan pemerintah juga perlu mempertimbangkan risiko cuaca yang tidak menentu. Patut diwaspadai karena akan berpengaruh pada masa panen bahan makanan pokok.

“Perlu dijaga pasokan dan distribusi makanan apalagi diperkirakan, cuaca tahun ini tidak sebaik tahun lalu yang dapat mempengaruhi panen produk makanan,” lanjutnya.

Tim Pantau
Editor
Martina Prianti