Berikut Daftar Risiko Usaha dan Pertumbuhan Ekonomi di Tahun Politik Versi Ekonom

(Pantau.com/Fery)(Pantau.com/Fery)

Pantau.com Pemerintah dalam pelbagai perkembangan memang hakul yakin kalau 2018 ini ekonomi Indonesia bakal tetap tumbuh. Tahun ini, pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi bisa mencapai 5,4%

Selain risiko dari luar negeri yang termasuk di dalamnya perkembangan geopolitik sejumlah negara, bagi kamu yang telah atau akan memulai bisnis atau sekadar berinvestasi, baiknya memperhatikan perkembangan sejumlah hal. Sejumlah ekonom yang dihubungi Pantau.com mengingatkan investor dalam negeri untuk tetap mewaspadai dampak sejumlah isu berikut:

1. Perkembangan harga minyak dunia; meski pemerintah memastikan tidak bakal menaikan harga bahan bakar minyak (BBM) hingga triwulan I 2018, kita mesti tetap mewaspadai efeknya; kalau sampai ada kebijakan naiknya tarif BBM, dinilai bakal mengerus tingkat daya beli masyarakat.  

2. Porsi belanja pemerintah yang meningkat dari tahun ke tahun dan di sisi lain, terdapat fenomena tidak tercapainya target penerimaan pajak padahal menjadi penopang utama pembiayaan Anggaran Negara. 

3. Realisasi percepatan infrastruktur; kalau proyek infrastruktur tidak sesuai dengan target, prosesnya tidak berjalan dengan lancar hal itu akan menghambat pertumbuhan ekonomi untuk lebih cepat.

4. Pilkada serentak dinilai berpotensi memberi dampak pada situasi politik di Indonesia; stabilitas politik dan sosial diharapkan dapat tetap terjaga.

Tim Pantau
Editor
Martina Prianti