Berikut Hasil Pertemuan BI dengan Sejumlah Menteri Ekonomi Soal Inflasi

Kantor Pusat Bank Indonesia (Pantau.com/Fery Heryadi)Kantor Pusat Bank Indonesia (Pantau.com/Fery Heryadi)

Pantau.com Bank Indonesia (BI) bersama sejumlah menteri ekonomi di bawah koordinasi Kementerian Koordinator Perekonomian, menggelar rapat Tim Pengendali Inflasi Pusat (TPIP). Rapat yang digelar dari pagi hingga jelang tengah hari ini, merupakan rapat pembukaan TPIP pada 2018. 

“Rapat (hari ini) pembukaan untuk 2018 dari tim pengendali inflasi pusat. Tim pengendali inflasi itukan ada daerah tingkat 2, provinsi, dan nasional,” ujar Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution saat ditemui di Gedung BI, Senin (22/1/2018).

Selain dihadiri oleh Menko Perekonomian dan Gubernur Bank Indonesia  Agus D.W. Martowardojo, hadir juga Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri BUMN Rini Soemarno. Darmin mengatakan dibahas pula target inflasi tahunan di mana pemerintah tahun ini menargetkan 3,5%. 

Nah, disepakati kalau target inflasi dibuat dengan diasumsi plus minus satu.   “Mulai tahun ini (inflasi) menjadi 3,5% plus minus 1% dan mulai 2020 menjadi 3% plus minus 1%,” kata Darmin.

Darmin menargetkan inflasi Indonesia dapat turun dari tahun ke tahun. Harapan tersebut, sesuai dengan inflasi yang terjadi pada negara-negara partner dagang Indonesia. 

Nah terkait target pencapaian inflasi, TPIP bakal mengundang TPIP daerah.  “Kita belum bahas, kira-kira bulan Juli. Kita akan mengundang daerah di mana kemudian biasanya kan ada acara nasionalnya, kita belum bahas (daerah), nanti ada acara untuk itu kira-kira bulan Juli,” kata Darmin.

Tim Pantau
Editor
Martina Prianti
Penulis
Martina Prianti