Berikut Pilihan Investasi Bagi Generasi Milenial

ilustrasi (Pantau.com/Fery Heryadi)ilustrasi (Pantau.com/Fery Heryadi)

Pantau.com Peribahasa sedia payung sebelum hujan, dinilai sejumlah pakar perencana keuangan juga wajib diterapkan generai milenial dalam menyiapkan persiapan tabungan untuk hari tua kelak.

Ekonom Bank BTN Winang Budoyo mengatakan ada sejumlah pilihan investasi yang dapat dipilih oleh generasi milenial untuk menyiapkan kondisi ekonomi masa depan mereka kelak. “Mereka bisa memilih dalam bentuk tabungan, deposito, emas, obligasi negara, saham, atau reksadana,” kata Winang.

Selain beragam bentuk investasi yang disebutkan Winang, perencana keuangan ada menyebutkan investasi dalam bentuk reksadana merupakan pilihan yang banyak dipilih oleh milenial. Selain itu, ada juga yang memilih investasi dalam bentuk logam mulia karena dipandang memiliki nilai jual yang terus naik setiap tahunnya.

Ada yang menyebutkan, alokasi investasi akan tepat sasaran jika menerapkan konsep tertentu. Konsep dimaksud antara lain, dari penghasilan yang diperoleh tiap bulan dibagi menjadi 50:30:20. Artinya, 50% (kebutuhan sehari-hari): 30% (untuk pemenuhan keinginan seperti membeli barang atau hiburan): 20% sisanya untuk tabungan atau investasi.

Konsep lainnya, setidaknya 10% dari total pendapatan tiap bulan dialokasikan untuk investasi. Dalam konsep dimaksud, alokasi untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari maupun pemenuhan keinginan baik membeli barang maupun membiayai biaya traveling, dapat lebih besar.

Tim Pantau
Editor
Martina Prianti