Pantau Flash
Hilal Tidak Terlihat, Pemerintah Tetapkan Hari Raya Idul Fitri Kamis 13 Mei
Kemenag: Tak Ada Referensi Hilal Awal Syawal 1442 H Teramati di Indonesia Secara Astronomis
Masjid Istiqlal Tidak Gelar Salat Ied Tahun Ini
KPK Nonaktifkan Novel Baswedan dan 74 Pegawai yang Tak Lolos TWK
Kemenparekraf Pastikan Destinasi Wisata Terapkan Prokes saat Libur Lebaran

Besok MRT Jakarta Akan Kembali Beroperasi ke Jadwal Normal

Besok MRT Jakarta Akan Kembali Beroperasi ke Jadwal Normal MRT Jakarta. (Foto: Pantau.com/Yusuf Fadilah)

Pantau.com - MRT Jakarta akan kembali beroperasi ke jadwal normal mulai besok, Selasa (17/3/2020). Kebijakan itu didasari hasil evaluasi dan arahan dari Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

"Berdasarkan hasil evaluasi dan arahan dari Gubernur Provinsi DKI Jakarta terkait kebijakan layanan transportasi publik dalam upaya menghambat penyebaran Virus Corona, COVID-19, PT MRT Jakarta (Perseroda) akan kembali mengoperasikan MRT Jakarta ke jadwal normal mulai besok, Selasa 17 Maret 2020," ujar Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta Muhamad Kamaluddin dalam keterangan resminya di Jakarta, Senin (16/3/2020).

Baca juga: Anies Baswedan: Rute Transportasi Umum Transjakarta dan MRT Kembali Normal

Kamaluddin menambahkan, waktu operasi untuk hari kerja kembali dimulai pukul 05.00 WIB hingga 24.00 WIB, dengan 16 rangkaian kereta (termasuk dua rangkaian cadangan) dan selang waktu keberangkatan lima menit pada waktu sibuk (07.00-09.00 WIB dan 17.00-19.00 WIB) dan 10 menit di luar waktu sibuk.

Namun MRT Jakarta menerapkan pembatasan sosial (social distancing) kepada penumpang selama berada di area stasiun dan di dalam kereta dengan jarak minimal satu meter, termasuk ketika pada saat mengantri, baik di luar maupun di dalam stasiun.

"MRT Jakarta tetap menerapkan pembatasan 60 orang per kereta atau 360 orang per rangkaian. Calon penumpang diharapkan dapat mengikuti arahan dari petugas MRT Jakarta di stasiun," kata Kamaluddin.

MRT Jakarta juga akan tetap menerapkan protokol pencegahan penyebaran virus korona, seperti pemeriksaan suhu tubuh calon penumpang serta mengimbau pemakaian hand sanitizer)bagi setiap calon penumpang.

Baca juga: MRT Akan Evaluasi Antrean Membludak Akibat Pembatasan Armada

MRT Jakarta mengimbau agar setiap calon penumpang dapat menjaga kesehatan dan kebersihan diri sebagai bagian dari upaya bersama menekan laju penyebaran COVID-19.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memulihkan intensitas jumlah moda transportasi umum seperti TransJakarta dan MRT Jakarta, setelah sempat dikurangi untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19.

Kendati demikian, Anies tetap memberi batasan jumlah penumpang per bus (Transjakarta) dan per kereta (MRT dan LRT) serta batasan jumlah antrean di halte dan stasiun.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - TIH

Berita Terkait: