Mau Tahu Prediksi BI Soal Potensi Perkembangan Kegiatan Usaha? Berikut Pemaparannya

Kantor Pusat Bank Indonesia (Pantau.com/Fery Heryadi)Kantor Pusat Bank Indonesia (Pantau.com/Fery Heryadi)

Pantau.com Hasil survei terbatu Bank Indonesia (BI) memperkirakan, kegiatan dunia usaha di Indonesia akan meningkat pada kuartal I 2018. Penyebabnya antara lain karena meningkatnya penggunaan tenaga kerja dan kontribusi dari derasnya investasi dibanding kuartal IV 2017.

Publikasi Survei Kegiatan Dunia Usaha BI, Kamis (11/1/2018), menyebutkan meningkatnya kegiatan dunia usaha di kuartal I ini terlihat dari komponen Saldo Bersih Tertimbang (SBT) kegiatan usaha yang meningkat menjadi 13,96%. Berdasarkan sektor ekonomi, peningkatan kegiatan usaha diperkirakan terjadi pada seluruh sektor, terutama sektor keuangan, real estate & jasa perusahaan, jasa-jasa dan industri pengolahan. Peningkatan kinerja industri pengolahan pada triwulan I-2018 juga terindikasi dari Purchasing Managers Index-SKDU yang berada pada fase ekspansi sebesar 51,95%.

Pada kuartal IV tahun lalu, kegiatan dunia usaha melambat dibandingkan kuartal sebelumnya, tercermin dari SBT yang turun dari 14,32% menjadi 7,4%. Pelambatan terutama disebabkan, penurunan pada kegiatan usaha pertanian, perkebunan, dan peternakan, akibat faktor musiman dan tidak kondusifnya cuaca.

Di samping itu, pelambatan kegiatan usaha pada triwulan IV-2017 dinilai juga disebabkan oleh menurunnya kegiatan usaha sektor industri pengolahan yang mencatat SBT minus 0,12%, lebih rendah dibandingkan dengan triwulan sebelumnya yang tercatat sebesar 1,76%.  Tidak hanya itu, tingkat penggunaan kapasitas produksi juga menurun dari 75,99% pada kuartal III 2017 menjadi 75,05% pada kuartal IV 2017. Dari sisi tenaga kerja, hasil survei mencatat SBT jumlah tenaga kerja kuartal IV 2017 tercatat kontraksi sebesar minus 0,89%, turun dari SBT 0,13% pada kuartal III 2017.

Tim Pantau
Editor
Martina Prianti
Penulis
Martina Prianti