BUMN dan BUMD Dirikan Bandara Baru di Bandung

Penandatanganan Pembangunan Bandara Internasional Bandung. (dok.Bappenas)Penandatanganan Pembangunan Bandara Internasional Bandung. (dok.Bappenas)

Pantau.com Rencana pembangunan Bandara Internasional di Jawa Barat mulai menunjukan kemajuan. Hari ini, Senin (22/1/2018), dilakukan penandatanganan kerja sama operasi (KSO) antara PT Angkasa Pura atau AP (Persero) II dengan PT Bandaraudara Internasional Jawa Barat atau BIJP. 

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro mengatakan KSO antara AP II dengan BIJB, merupakan sejarah baru bagi pembangunan infrastruktur khususnya bandara yakni antara BUMN dengan BUMD. “Penamaan Bandara Internasional Jawa Barat, karena bandara ini harus menjadi bandara Jawa Barat,” kata Bambang Brodjonegoro, Senin (22/1/2018).

Sementara itu Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan mengatakan Bandara Internasional Jawa Barat, di Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka adalah bandara pertama di Indonesia yang dioperasikan oleh BUMD dan BUMN. Dia berharap, dengan adanya KSO antara PT BIJB dan AP II, pengerjaan Bandara Kertajati yang tinggal 15% bisa dikebut sehingga bisa digunakan untuk pemberangkatan haji Jawa Barat pada 2018.

“Insya Allah sesuai harapan Pak Presiden, tidak hanya diresmikan sebagai bandara baru tetapi Bandara Kertajati juga bisa digunakan sebagai embarkasih haji Jabar untuk keberangkatan haji tahun ini,” kata gubernur.

Tim Pantau
Editor
Martina Prianti