Pantau Flash
Jokowi Benarkan 4 WNI Positif Korona di Kapal Pesiar Diamond Princess
Ada Gubernur Belum Alihkan Kewenangan Izin Investasi, Bahlil Lapor Presiden
KPK Takut Tangkap DPO Eks Sekretaris MA Nurhadi?
Rapper Pop Smoke Tewas Ditembak di Rumahnya
Lewis Hamilton Tercepat Hari Pertama Uji Coba Barcelona

CEO Apple Peringatkan Trump Tentang Tarif China, Samsung Jadi Pesaing

Headline
CEO Apple Peringatkan Trump Tentang Tarif China, Samsung Jadi Pesaing CEO Apple Tim Cook berbicara dengan Presiden AS Donald Trump (Foto: Reuters/Leah Millis)

Pantau.com - Presiden Donald Trump mengatakan  bahwa ia telah berbicara dengan Kepala Eksekutif Apple Inc Tim Cook tentang dampak tarif AS terhadap impor Tiongkok serta persaingan dari perusahaan Korea Selatan Samsung Electronics Co Ltd.

Trump mengatakan Cook membuat analisa yang baik, bahwa tarif dapat merugikan Apple, mengingat bahwa produk Samsung tidak akan dikenakan tarif yang sama. Tarif tambahan senilai $300 miliar untuk barang-barang China, termasuk barang elektronik konsumen, dijadwalkan mulai berlaku dalam dua tahap pada 1 September dan 15 Desember.

Baca juga: Fix! Donald Trump Tegaskan AS Tak Akan Berbisnis Dengan Huawei

Sebaliknya, Amerika Serikat dan Korea Selatan mencapai kesepakatan perdagangan September lalu.

"Saya pikir dia membuat argumen yang sangat menarik, jadi saya memikirkannya," kata Trump tentang Cook, berbicara dengan wartawan di bandara New Jersey.

Saham berjangka AS naik pada pembukaan pada hari Minggu setelah komentar Trump. Selain komentarnya tentang Apple, Trump mengatakan di Twitter pada hari sebelumnya bahwa pemerintahannya "bekerja sangat baik dengan China."

Baca juga: Setelah Huawei dan Nokia Giliran ZTE Pamer Produk 5G

Laptop dan iPhone Apple MacBook tidak akan menghadapi tarif tambahan hingga 15 Desember, tetapi beberapa produk perusahaan lainnya, termasuk AirPods, Apple Watch, dan HomePod, akan dikenakan pungutan pada 1 September.

Namun, hingga saat ini Apple tidak segera memberikan komentar di luar jam kerja normal.

Tim Pantau
Penulis
Nani Suherni
Category
Ekonomi

Berita Terkait: