Pantau Flash
Positif COVID-19 di DKI Jakarta Bertambah Terus hingga 7.153 Kasus
Kasus Positif COVID-19 RI 25.773, Nihil Kasus Baru di 10 Provinsi
Desak Presiden Jokowi Mundur, Ruslan Buton Dibawa ke Jakarta
AS Akhiri Hubungan dengan WHO, Trump: Mereka Dikendalikan China
Ada 4.599 Kendaraan Menuju Jakarta Diputarbalik

Dikekang, Huawei: Tak Akan Bantu Amerika Jadi Pemimpin Dunia Teknologi

Headline
Dikekang, Huawei: Tak Akan Bantu Amerika Jadi Pemimpin Dunia Teknologi Logo Huawei (Foto: Reuters/Aly Song)

Pantau.com - Perusahaan teknologi raksasa China Huawei, Selasa (20/8/2019), menepis keputusan Amerika memperpanjang tiga bulan lagi pelaksanaan larangan penjualan suku cadang Amerika bagi perusahaan itu.

Mengutip kantor berita AFP, Huawei menyatakan, keputusan Amerika itu tidak mengubah fakta bahwa Huawei “telah diperlakukan dengan tidak adil.”

Departemen Perdagangan Amerika sebelumnya telah menangguhkan keputusan serupa untuk menghentikan penjualan komponen elektronik kepada perusahaan telekomunikasi China itu, termasuk melarang perusahaan Amerika membeli peralatan dari Huawei, karena Huawei dituduh membantu dinas-dinas intelijen China.

Baca juga: Ibu Kota Pindah ke Kalimantan, UMP 2019 Enggak Sampai Rp3 Juta Lho

Tapi, kata Huawei, perusahaan itu juga akan menambahkan 46 perusahaan lagi yang merupakan anak perusahaan atau mitranya yang harus dicakup oleh penangguhan Amerika itu, sehingga jumlah perusahaan yang terkena pengecualian mencapai lebih dari 100.

"Jelas keputusan Amerika ini dibuat berdasarkan pertimbangan politik dan tidak ada hubungannya dengan keamanan nasional," kata Huawei dalam sebuah pernyataan. 

Baca juga: Fix! Donald Trump Tegaskan AS Tak Akan Berbisnis Dengan Huawei

Tindakan Amerika itu, tambah Huawei, “melanggar prinsip dasar persaingan bebas.”

Keputusan Amerika itu, kata Huawei “tidak menguntungkan siapapun, termasuk perusahaan-perusahaan Amerika, dan usaha untuk menekan bisnis Huawei tidak akan membantu Amerika menjadi pemimpin dalam dunia teknologi." 

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Nani Suherni

Berita Terkait: