HOME  ⁄  Ekonomi

Festival Belanja 11-11 di China Tembus Rp256 Triliun

Oleh Tatang Adhiwidharta
SHARE   :

Festival Belanja 11-11 di China Tembus Rp256 Triliun

Pantau.com - Nilai transaksi yang dibukukan oleh raksasa e-commerce dagang asal China Alibaba Group pada dua jam pertama Festival Belanja Global, Senin (11/11/2019) dini hari, telah mencapai 128,15 miliar atau setara Rp256,6 triliun.Hitung mundur pembukaan ajang yang dikenal dengan sebutan 11-11 itu dipusatkan di Mercedez Benz Arena, Shanghai, sejak Minggu malam, yang diisi dengan berbagai ragam hiburan dan dihadiri oleh Co-Founder Alibaba, Jack Ma beserta sejumlah perwakilan negara sahabat di China.Sementara sejumlah awak media dari dalam dan luar China memantau pergerakan nilai transaksi belanja dalam jejaring (daring) tersebut dari kantor pusat Alibaba di Hangzhou, Provinsi Zhejiang.

Baca juga: 5 Kebiasaan Orang Indonesia Belanja Online, Bener Enggak Ya?Untuk sementara nilai transaksi tersebut melampaui pencapaian pada ajang serupa tahun 2015. Beberapa merek dari China, seperti Xiaomi, Midea, dan Haier, mendominasi penjualan barang ekspor pada jam-jam awal festival.Produk pakaian dari China juga mendominasi penjualan dalam negeri, namun produk dari luar negeri yang dibeli oleh masyarakat China pada jam-jam awal festival itu didominasi oleh jenis makanan, kosmetik, susu dan perlengkapan bayi, serta diaper.Sementara pembeli terbanyak produk dari China berasal dari Hong Kong, Taiwan, Amerika Serikat, Australia, Singapura, Jepang, Malaysia, Inggris, Makau, dan Kanada.Barang-barang dari Indonesia, seperti mie siap saji dan biskuit serta kopi instan juga turut ditransaksikan pula, meskipun nilainya tidak sebesar produk-produk global lainnya.

Baca juga: Banyak Penipuan, Ini 3 Tips Aman Beli Kosmetik Secara Online


Indomie, misalnya, yang dijual dengan harga 19,9 yuan atau sekitar Rp40.000 untuk untuk paket berisi 10 bungkus ukuran 80 gram hingga Senin pukul 09.00 waktu setempat (08.00 WIB) sudah dibeli secara daring oleh 8.195 orang.Demikian pula biskuit Nabati yang dijual seharga 9,9 yuan (sekitar Rp20.000) sepaket sudah ditransaksikan oleh 14.423 orang. Nilai transaksi tersebut akan terus berubah hingga penutupan Festival 11-11 yang berlangsung pada Senin pukul 00.00.Selama ajang tersebut berlangsung, penjual yang menawarkan barang melalui platform milik Alibaba memberikan diskon besar-besaran sehingga menarik minat para pembeli, baik di China maupun di negara-negara lain.

rn
Penulis :
Tatang Adhiwidharta