Fitch Ratings Ingatkan Tahun Politik Jangan Ganggu Stabilitas

Pantau.com Jakarta, Pantau.com- Lembaga pemeringkat internasional Fitch Ratings, menilai Indonesia tahan terhadap guncangan eksternal dalam beberapa tahun terakhir. Kebijakan makroekonomi secara konsisten yang diarahkan menjaga stabilitas, dinilai membuahkan hasil. Nah berdasarkan penilaian tersebut, Fitch Ratings menaikkan rating utang jangka panjang Indonesia dalam mata uang asing dan lokal, dari BBB- ke BBB dengan outlook stabil.


Thomas Rookmaaker, Primary Analyst Fitch Ratings dalam siaran pers yang Pantau.com terima menyebutkan, kebijakan nilai tukar lebih fleksibel sejak pertengahan 2013, juga turut menopang cadangan devisa Indonesia. Meski memberikan sejumlah penilaian positif, Fitch Ratings juga mengingatkan adanya tantangan dari negeri, tahun politik. Disebutkan, untuk diantisipasi kondisi jelang tahun politik 2018 dan 2019, politik berpotensi menganggu pembuatan kebijakan ekonomi.


Jika sentimen domestik itu terjadi, dikhawatirkan akan menganggu pasar. Naiknya peringkat kredit Indonesia satu level di kategori layak investasi (investment grade) oleh Fitch Ratings ini diyakini akan mendongkrak kepercayaan investor berinvestasi di Indonesia. Terlebih, beberapa waktu lalu Standard & Poor's mendongkrak status junk menjadi layak investasi.(mar) == Fitch Ratings Ingatkan Indonesia Dampak Tahun Politik Lembaga pemeringkat internasional Fitch Ratings, mengingatkan Indonesia adanya tantangan dari negeri, tahun politik. Kondisi jelang tahun politik 2018 dan 2019, dinilai politik berpotensi menganggu pembuatan kebijakan ekonomi. Jika sentimen domestik itu terjadi, dikhawatirkan akan menganggu pasar.


Pernyataan Fitch Ratings tersebut disampaikan dalam laporan terbarunya yang berisi penilaian Fitch menaikkan rating utang jangka panjang Indonesia dalam mata uang asing dan lokal, dari BBB- ke BBB dengan outlook stabil.

Tim Pantau