Pantau Flash
Pesawat Lionair Misi Medis Meledak di Filipina, Seluruh Penumpang Tewas
Olimpiade Ditunda, Jepang Pertanyakan Siapa yang Akan Bayar Tagihan
Bogor Siapkan Dua Skenario Lockdown Berkaca dari DKI Jakarta
Dua Pasien RS Darurat Wisma Atlet Meninggal Dunia
Polisi Siapkan Skenario Pembatasan Akses Menuju dan Keluar Jakarta

Fix! Donald Trump Tegaskan AS Tak Akan Berbisnis Dengan Huawei

Headline
Fix! Donald Trump Tegaskan AS Tak Akan Berbisnis Dengan Huawei Donald Trump (Foto: Reuters/Kevin Lamarque)

Pantau.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada hari Minggu mengatakan dia tidak ingin Amerika Serikat melakukan bisnis dengan Huawei China bahkan ketika pemerintah mempertimbangkan apakah akan memperpanjang masa tenggang untuk perusahaan tersebut.

Reuters dan outlet media lainnya melaporkan pada hari Jumat bahwa Departemen Perdagangan AS diharapkan untuk memperpanjang penangguhan hukuman yang diberikan kepada Huawei Technologies Co Ltd [HWT.UL] yang memungkinkan perusahaan China untuk membeli pasokan dari perusahaan AS sehingga dapat melayani pelanggan yang sudah ada.

"Lisensi umum sementara" akan diperpanjang untuk Huawei selama 90 hari, menurut laporan Reuters, dengan mengutip dua sumber yang mengetahui situasi tersebut.

Baca juga: Ingin Aplikasi Sendiri Tanpa Google, Huawei Berkaca Kegagalan BlackBerry

Pada hari Minggu, Trump mengatakan kepada wartawan sebelum naik Air Force One di New Jersey bahwa ia tidak ingin melakukan bisnis dengan Huawei karena alasan keamanan nasional.

"Pada saat ini sepertinya kita tidak akan melakukan bisnis," kata Trump.

"Saya sama sekali tidak ingin melakukan bisnis karena ini adalah ancaman keamanan nasional dan saya benar-benar percaya bahwa media telah meliputnya sedikit berbeda dari itu," terangnya.

Dia mengatakan ada bagian kecil dari bisnis Huawei yang dapat dikecualikan dari larangan yang lebih luas, tetapi itu akan "sangat rumit." Dia tidak mengatakan apakah pemerintahannya akan memperpanjang "lisensi umum sementara".

Baca juga: Setelah Huawei dan Nokia Giliran ZTE Pamer Produk 5G

Berbicara sebelumnya pada hari Minggu, direktur Dewan Ekonomi Nasional Larry Kudlow mengatakan departemen Perdagangan akan memperpanjang proses perizinan Huawei selama tiga bulan sebagai isyarat "niat baik" di tengah negosiasi perdagangan yang lebih luas dengan China.

"Kami memberikan waktu istirahat kepada perusahaan kami sendiri selama tiga bulan," kata Kudlow di NBC "Meet the Press".

Tim Pantau
Penulis
Nani Suherni

Berita Terkait: