Pantau Flash
Paspor WNI Eks ISIS Akan Diblokir Pemerintah
Bappenas Sebut Ekonomi Indonesia 2021 Tergantung Donald Trump
Dua dari Tiga Pasien yang Dirawat RSHS Bandung Dinyatakan Negatif Korona
Menlu Retno Hadiri Pertemuan Tingkat Tinggi Sidang Dewan HAM PBB
Omnibus Law Diklaim Kurangi Tumpang Tindih Aturan di Sektor Pertambangan

Gagal Pengiriman 737 MAX, Boeing Juga Tunda Uji Beban Pesawat Baru 777X

Gagal Pengiriman 737 MAX, Boeing Juga Tunda Uji Beban Pesawat Baru 777X Pabrik Boeing (Foto: Reuters)

Pantau.com - Boeing Co (BA.N) pada hari Sabtu mengumumkan telah menangguhkan pengujian beban pesawat berbadan lebar 777X yang baru. Beberapa media luar mengatakan, pintu kargo gagal dalam tes tegangan darat.

"Selama pengujian beban akhir pada pesawat uji statik 777X, tim menghadapi masalah yang mengharuskan penangguhan tes," kata juru bicara Boeing Paul Bergman dalam sebuah pernyataan.

Seattle Times melaporkan pintu kargo meledak ke arah luar selama uji tekanan tinggi di darat. Surat kabar itu mengatakan kecelakaan itu terjadi pada pesawat uji statis, yang dibangun untuk pengujian darat saja dan tidak dimaksudkan untuk terbang.

Baca juga: Norwegia Air Tak Mengharapkan Boeing 737 Max Kembali Mengudara

"Pengujian keseluruhan terus berlanjut," kata Bergman. Tes itu terjadi pada hari Kamis, katanya, menolak untuk memberikan rincian lain dari insiden itu.

Masalah terjadi selama tes akhir yang harus dilewati sebagai bagian dari sertifikasi pesawat oleh Administrasi Penerbangan Federal, kata laporan surat kabar itu.

Dalam pengujian muatan akhir, pesawat mengalami beban dan tekanan yang jauh melampaui kondisi operasional normal, kata juru bicara itu, seraya menambahkan bahwa insiden tersebut sedang ditinjau.

Baca juga: Duh! Rostec Rusia Minta Pengembalian Uang Pembelian Boeing 737 MAX

Perusahaan sebelumnya melaporkan penundaan pada program 777X widebody-nya karena masalah mesin General Electric Co (GE.N) mendorong penerbangan pertama ke tahun 2020.

Boeing yang berbasis di Chicago juga tidak dapat mengirimkan 737 MAX pesawatnya sejak pesawat satu lorong itu mendarat di seluruh dunia pada Maret setelah dua kecelakaan fatal di Indonesia dan Ethiopia menewaskan 346 orang.

Tim Pantau
Penulis
Nani Suherni
Category
Ekonomi

Berita Terkait: