Pantau Flash
Kasus Positif COVID-19 di RI Capai 262.022, Jumlah Meninggal Dunia 10.105
Febri Diansyah Mundur dari KPK
Idap Kanker Paru Stadium 4, Suami Bupati Bogor Ade Yasin Tutup Usia
Pasar Cempaka Putih Kebakaran, Damkar Sempat Alami Kesulitan Air
Ketua KPK Firli Bahuri Dinyatakan Langgar Kode Etik Gunakan Helikopter

Gak Perlu Takut Miskin! 5 Negara Ini Beri Gaji untuk Pengangguran, Serbuuuu

Gak Perlu Takut Miskin! 5 Negara Ini Beri Gaji untuk Pengangguran, Serbuuuu Ilustrasi pencari pekerjaan. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Uang memang menjadi kebutuhan dasar paling pokok bagi setiap manusia. Untuk bisa punya uang, tentu manusia perlu bekerja atau pun membuat karya agar nantinya bisa dijual dan menjadi uang. 

Pada intinya, kita perlu melakukan sesuatu agar mendapat uang untuk memenuhi kebutuhan hidup. Tapi di beberapa negara tertentu, warganya tetap bisa mendapatkan uang meski berstatus pengangguran. 

Terdengar asik ya. Negara mana saja yang menerapkan aturan seperti itu? Pantau.com telah merangkum lima negara yang 'menggaji' warga pengangguran. 

1. Irlandia


Irlandia. (Foto: Pixabay)

Beberapa negara di Eropa rata-rata memang memberikan tunjangan bagi pengangguran. Tapi, biasanya syaratnya cukup susah, ada administratif, tes, dan lainnya. Tapi hal itu tak berlaku di Irlandia. Seorang pengangguran bisa mengklaim uang tunjangannya tanpa syarat.

Dalam ukuran biaya hidup di Irlandia, jumlah tunjangan yang diberikan sebetulnya tidak terlalu besar. Hampir setiap minggu para pengangguran akan mendapatkan Rp 3 juta atau Rp 12 juta sebulan. Tak hanya tunjangan diri sendiri, bagi yang memiliki anak, pemerintah juga akan memberikan tunjangan tambahan sampai Rp 2 jutaan.

Baca juga: Pengangguran Dunia Turun dalam 25 Tahun, Paling Banyak Usia Muda

2. Republik Malta


Malta. (Foto: Pixabay)

Meskipun tidak masuk jajaran negara terkaya, tapi Malta tahu bagaimana cara memakmurkan rakyatnya. Negara yang terletak di benua Eropa ini memberikan tunjangan tanpa syarat kepada penduduknya yang pengangguran. Jumlahnya mungkin tidak terlalu besar, hanya Rp 300 ribuan, tapi dibayar per hari.

Jadi dalam sebulan seorang pengangguran di sana akan mengantongi sekitar Rp 9 jutaan. Untuk tunjangan anak pemerintah juga akan memberikan bantuan dengan jumlah maksimal Rp 1,5 jutaan.

3. Hongkong


Hong Kong. (Foto: Pixabay)

Pada Maret 2018, Pemerintah Hongkong menyatakan ada kelebihan anggaran sebesar 11 miliar dolar Hong Kong, atau sekitar Rp 19,2 triliun. Diwaktu yang sama, pemerintah Hong Kong juga pernah merilis bahwa lebih dari sepertiga rakyat Hong Kong atau sekitar 2,8 juta jiwa penduduk yang tidak merasakan manfaat dari anggaran pemerintah akan mendapat bantuan tunai hingga 4.000 dolar Hong Kong (sekitar Rp 7 juta). 

Skema pembagiannya dibuat dalam bentuk bantuan dana tunai bersyarat, yang disesuaikan dengan data kependudukan Wilayah Administrasi Khusus Hong Kong.

Baca juga: 5 Negara di Dunia Ini Tak Punya Laut Tapi Miliki Angkatan Laut yang Tangguh

4. Swedia


Swedia. (Foto: Pixabay)

Mungkin karena sudah terlalu makmur, Swedia merencanakan akan menggulirkan sebuah aturan unik yang bikin orang-orang sedunia iri. Pemerintah negara ini konon bakal memberikan tunjangan kepada semua rakyatnya. Baik yang pengangguran atau pun yang tidak akan kebagian uang tunjangan. 

Tak tanggung-tanggung, Pemerintah Swedia bisa memberikan uang sekitar Rp 33 juta per bulan kepada masing-masing penduduk dewasa. Sementara untuk anak-anak, akan diberikan uang sebesar Rp 1,9 juta per minggunya. Uang tunjangan ini berasal dari pajak dan juga asuransi sosial.

5. Arab Saudi


Arab Saudi. (Foto: Pixabay)

Arab Saudi dengan segala sumber daya yang dimilikinya tak bisa dipungkiri telah membuat negara itu menjadi salah satu yang terkaya di dunia. Tak heran, Arab Saudi mempunyai aturan tentang pemberian tunjangan kepada para pengangguran. 

Sejak tahun 2012, pemerintah menggelontorkan uang tunjangan kepada para pengangguran sebanyak kurang lebih Rp 4,8 juta. Uang ini dibayarkan sebulan sekali dan hanya akan diberikan dalam waktu setahun saja.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Lilis Varwati

Berita Terkait: