Garuda Langsung Ekspor Ikan Maluku ke Australia, Kok Bisa?

ilustrasi (Pantau.com/Fery Heryadi)ilustrasi (Pantau.com/Fery Heryadi)

Pantau.com PT Garuda Indonesia (Persero) Kantor Cabang Ambon, Maluku melakukan ekspor perikanan langsung dari Bandara Pattimura Ambon ke negara tujuan Australia. Sales menager PT Garuda Indonesia cabang Ambon, Agny Gallus Pratama mengatakan  terakhir kali ekspor ikan ke Australia dilakukan pada 2014.

Gallus mengatakan ekspor langsung perikanan dimulai dengan pengiriman sampel ikan milik PT Harta Samudera ke Sidney Australia. Maskapai BUMN ini juga berencana melakukan pengiriman dalam jumlah besar ke Jepang.

Menurut Gallus, proses pengiriman produk perikanan ke negara tujuan melalui rute Ambon-Jakarta atau Surabaya sebelum dikirim ke negara tujuan. Produk dari Maluku yang menjadi komoditas ekspor, tetapi proses pengepakan akhirnya selalu dilakukan di luar daerah sehingga nilai ekspornya menjadi milik daerah tersebut.

Nah sekarang, dengan pesawat bisa langsung melalui Jakarta dan menuju ke negara tujuan. “Jika dilakukan di Makassar, Surabaya atau Jakarta, harus dikemas ulang dan angka ekspornya jadi milik daerah itu,” lanjutnya. Ekspansi Garuda Indonesia melakukan ekspor ikan ke Australia, diyakini banyak kalangan akan mendongkrak nilai ekspor Indonesia (lihat grafis).