Gelontorkan Rp2,7 Triliun, Pemerintah Siap Kembalikan Kejayaan Rempah Indonesia

Menteri Pertanian Amran SulaimanMenteri Pertanian Amran Sulaiman

Pantau.com   Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan pemerintah berencana mengembalikan kejayaan rempah-rempah di Indonesia. Pemerintah berharap, Indonesia kembali dikenal sebagai daerah penghasil rempah seperti cengkeh, pala, dan kayu manis. 

Jadi, kata Amran, ekspor komoditas Indonesia yang terbesar tidak hanya kopi dan kelapa sawit melainkan juga rempah-rempah lainnya. “Kami sudah siapkan bibit-bibit unggul. Dengan anggaran Rp2,7 triliun, kita akan kembalikan kejayaan Indonesia,” kata Amran, Kamis (1/2/2018).

Baca juga: Pernak-pernik Imlek Banjiri Pasar Glodok, Pedagang Justru Mengeluh. Kenapa?

Amran mengatakan mandat yang disampaikan Presiden Joko Widodo kepada Kementerian Pertanian itu bersifat jangka panjang. “Dulu Spanyol datang, Belanda dan Eropa datang karena rempah-rempah,” kata menteri pertanian seperti yang disampaikan oleh Presiden. 

Kementerian Pertanian berencana alokasi dana yang ada tersebut akan disalurkan untuk penyediaan bibit unggul rempah-rempah. Maluku dan Maluku Utara yang sejak berabad-abad lalu dikenal sebagai daerah penghasil cengkeh, pala, dan kayu manis, akan mendapat kucuran dana.

Baca juga: Pedagang Atribut Kampanye Pasar Senen Sebut Aturan KPU Bikin Orderan Merosot

Tim Pantau
Penulis
Martina Prianti