Gubernur BI Klaim Tahun Politik Tak Akan ‘Goyang’ Investasi Masuk

ilustrasi (Pantau.com/Fery Heryadi)ilustrasi (Pantau.com/Fery Heryadi)

Pantau.com  Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo mengatakan investasi langsung (foreign direct investment/FDI), biasanya didasarkan pada penilaian fundamental perekonomian. Investasi masuk, lanjut Agus, menjadi faktor yang sangat baik.

“Investasi langsung tidak terlalu dipengaruhi oleh kegiatan musiman politik,” kata Agus Martowardojo di hadapan 600 investor dalam acara “Mandiri Investment Forum”, Jakarta, Rabu (7/2/2018).

Ia mengatakan, ekonomi Indonesia pada tahun ini akan tumbuh lebih tinggi dibanding pencapaian tahun lalu yang tercatat 5,07 persen (yoy). Salah satu pendorong pertumbuhan itu adalah perkiraan masih tingginya FDI.

“Beberapa survei dan kajian menyebutkan Indonesia menjadi peringkat atas negara-negara yang dapat meningkatkan pembelanjaan para investor,” ujar mantan Menteri Keuangan tersebut.

Pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi pada tahun ini sebesar 5,4 persen. Sementara itu Bank Sentral memperkirakan ekonomi Indonesia akan tumbuh di 5,1 persen hingga 5,5 persen (yoy).

Tim Pantau