Pantau Flash
Ahmad Sahroni: Penangkapan Gus Nur Berdasarkan Bukti-bukti Jelas
Takaaki Nakagami Raih Pole Position MotoGP Teruel di Aragon
Ade Yasin Bakal Batasi Kendaraan di Jalur Pucak saat Libur Panjang Nanti
Duh, Kepulauan Riau Kekurangan Ventilator untuk Pasien COVID-19
Bamsoet Apresiasi Penetapan Tersangka Kebakaran Gedung Kejagung

Hampir 20 Tahun Merdeka, Mata Uang Timor Leste Ternyata Begini

Hampir 20 Tahun Merdeka, Mata Uang Timor Leste Ternyata Begini Demonstrasi menuntut pemisahan Timor Timur dari Indonesia (foto:Wikipedia)

Pantau.com - Republik Demokratik Timor Leste (juga disebut Timor Lorosa'e), yang sebelum merdeka bernama Timor Timur, adalah sebuah negara kecil di sebelah utara Australia dan bagian timur pulau Timor. Selain itu wilayah negara ini juga meliputi pulau Kambing atau Atauro, Jaco, dan enklave Oecussi-Ambeno di Timor Barat.

Baca juga: 5 Negara Tertua di Dunia, Punya Sejarah Panjang

Mata uang Timor Leste adalah adopsi dari Dolar Amerika Serikat sebagai mata uang yang mengakibatkan daya beli rakyat jauh menurun dibandingkan ketika masih menjadi provinsi Indonesia. Pada November 2007, terdapat sebelas kecamatan di mana kebutuhan makanan harus dipasok oleh bantuan internasional. Tidak ada hukum perlindungan hak cipta di Timor Leste.

Apakah Mata Uang Timor Leste Setelah US Dollar? Centavo

mata uang timor leste centavo

Namun, perlu kita ketahui bahwa mata uang Timor Leste juga menggunakan jenis koin centavo Timor Leste diperkenalkan di Timor Leste pada 2003 untuk digunakan bersama dengan koin dan uang kertas Dolar Amerika Serikat, yang diperkenalkan pada 2000 untuk menggantikan rupiah Indonesia setelah bujukan kepengurusan PBB. Satu centavo setara dengan satu sen AS. Koin tersebut berada dalam denominasi 1, 5, 10, 25 dan 50 centavo dan menampilkan gambar-gambar tumbuhan dan hewan lokal. Timor Leste tidak mengeluarkan uang kertas miliknya sendiri.

Baca juga: Negara di Asia Tenggara yang Tidak Pernah Dijajah

Sejarah Mata Uang Timor Leste

Secara pembangunan ekonomi, salah satu proyek jangka panjang menjanjikan yang pernah ada adalah pengembangan dan exploitasi minyak bumi dan gas alam bersama dengan Australia di sebelah tenggara perairan Timor. Setelah revolusi Anyelir, pemerintahan kolonial Portugis memberikan konsesi pada Oceanic Exploration Corporation untuk pengembangan dan exploitasi tersebut. Centavo sendiri diperkenalkan pada tahun 2003 dan hanya diperkenalkan mata uang versi koinnya saja sedangkan versi kertas tidak diproduksi.

Baca juga: Mimpi Dapat Uang

Namun, hal ini gagal terlaksana dikarenakan oleh Operasi Seroja pada tahun 1976 sehingga mata uang timor leste otomatis menggunakan Rupiah. Kemudian setelahnya, sumber daya dibagi antara Indonesia dan Australia dengan Perjanjian Celah Timor pada tahun 1989.

Saat ini tiga bank asing memiliki cabang di Dili: ANZ National Bank, Banco Nacional Ultramarino yang merupakan anak perusahaan dari bank terbesar Portugal Caixa Geral de DepĆ³sitos, dan Bank Mandiri.

Tim Pantau
Penulis
Nani Suherni

Berita Terkait: