Pantau Flash
Pemerintah Izinkan Shalat Idul Adha Digelar di Masjid di Luar Zona Merah dan Oranye
Wapres Sebut MUI Terapkan Moderasi dalam Fatwa Vaksin COVID-19
Pemerintah Anggarkan Rp2 Triliun untuk Bayar Utang ke Guru dan Dosen Agama
36 Pegawai Kedeputian Penindakan KPK Positif COVID-19
Pos Penyekatan di Jembatan Suramadu Resmi Ditiadakan

Hore! Biaya Kriling Turun, Transfer ke Beda Bank Cuma Rp3.500

Hore! Biaya Kriling Turun, Transfer ke Beda Bank Cuma Rp3.500 Ilustrasi (Foto: Pantau.com/Fery Heryadi)

Pantau.com - Buat kalian yang hobi belanja online pasti sumringan dengan berita yang satu ini. Bank Indonesia mengumumkan rencana penurunan tarif kliring dari Rp5.000 per transaksi menjadi Rp3.500 per transaksi. 

Batasan maksimal transaksi kliring juga dinaikkan dari sebelumnya Rp500 juta menjadi Rp1 miliar. Selain itu, durasi penyelesaian transaksi (settlement) di Bank Indonesia juga dipercepat menjadi 1 jam sekali, dari sebelumnya 2 jam sekali. Sehingga dalam satu hari dijadwalkan terjadi 9 kali settlement, bertambah dari sebelumnya 5 kali settlement.

Baca juga: Jangan Asal Transfer, Ini Daftar Biaya Transfer Antar Bank

Menurut Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo kebijakan ini diharapkan akan memberi kemudahan dan kecepatan bagi masyarakat dalam pembayaran ritel.

"Jadi kalau mudik enggak usah bawa banyak uang, kami pastikan masyarakat akan lebih murah, mudah, dan cepat melakukan transaksi pembayaran melalui SKNBI," kata Perry seusai Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia, Kamis (25 April 2019).

Baca juga: 3 Komoditas Langganan yang Sumbang Inflasi Jelang Puasa dan Lebaran

Kebijakan itu sesuai Surat Edaran Bank Indonesia (SEBI) Mo.15/18/DASP tentang Perubahan Atas SEBI Nomor 11/13/DASP tangga; 4 Mei 2019 mengenai Batas Nominal Nota Debet dan Transfer Kredit Dalam Penyelenggaraan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia.

Seperti kita ketahui bahwa kliring menjadi salah satu pilihan untuk melakukan transfer dana antarbank. Jika ingin mentransfer dana dalam jumlah besar dengan biaya murah, kliring dapat menjadi salah satu pilihan.

Layanan kliring dapat diakses melalui teller di kantor cabang bank, juga melalui internet banking dan electronic banking. 

Tim Pantau
Penulis
Nani Suherni

Berita Terkait: