Hore! Iklim Ekonomi Dunia Meningkat Pesat

IlustrasiIlustrasi

Pantau.com  Survei ekonomi dunia yang dilakukan oleh Ifo, salah satu lembaga riset asal Jerman, dalam Ifo World Economic Survey menyebutkan iklim ekonomi dunia meningkat pesat pada kuartal pertama tahun ini.

Ifo menyebutkan indikator untuk ekonomi dunia naik dari 17,1 poin pada kuartal terakhir 2017, menjadi 26,0 poin di kuartal pertama 2018. Melonjak ke tingkat tertingginya sejak musim gugur 2007.

Laporan tersebut mencatat bahwa iklim ekonomi membaik di semua wilayah di dunia. “Seluruh dunia mengkonsolidasikan kenaikannya di kuartal pertama,” kata Presiden Ifo, Clemens Fuest.

Fuest menyampaikan para ahli menilai situasi ekonomi saat ini jauh lebih positif daripada kuartal terakhir. “Ekspektasi ekonomi mereka juga menunjukkan peningkatan yang luar biasa,” tambahnya.

Hasil survei jyga menyebutkan suku bunga jangka pendek dan jangka panjang akan meningkat dalam enam bulan ke depan. Selain itu, perdagangan dunia diperkirakan akan meningkat secara signifikan.

Ifo telah melakukan survei triwulanan di banyak negara mengenai perkembangan siklus bisnis dan faktor-faktor ekonomi lainnya sejak 1981. Hasil survei ini didasarkan pada tanggapan lebih dari 1.000 ahli dari lebih 100 negara dan wilayah.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara