Pantau Flash
Kemenkes: Vaksinasi COVID-19 Bisa Lindungi dari Keparahan Penyakit hingga 95 Persen
Mohon Pengertiannya... COVID-19 di RI Menggila! Kasus Harian Positif Meroket 20.574 Orang Sehari
Mohon Maaf dan Waspada, BOR Ruang Isolasi di RS se-Kota Tangerang Capai 92,44 Persen
Varian Delta Belum Selesai, Kini India Umumkan Varian Baru 'Delta Plus' yang Lebih Ganas
Saksi Ahli Forensik Jadi Salah Satu Alasan Habib Rizieq Tak Terima Divonis 4 Tahun Bui dan Ajukan Banding

Ibu Kota Pindah, Apindo: Kalimantan Semakin Maju

Ibu Kota Pindah, Apindo: Kalimantan Semakin Maju Ilustrasi pemindahan Ibu Kota (Pantau.com/Amin H. Al Bakki)

Pantau.com - Ketua 3 Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kalimantan Barat (Kalbar) Andreas Acui Simanjaya menilai dengan adanya pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur (Kaltim) akan memberikan kesempatan Kalbar untuk mengembangkan daerahnya.

"Pemindahan ibu kota baik langsung atau tidak nanti akan berpengaruh ke Kalbar. Pemindahan yang sudah ditetapkan akan memberikan peluang dan kesempatan yang baik bagi Kalbar juga," ujarnya di Pontianak, Selasa (27/8/2019)

Ia mencontohkan dengan dekat pada pusat pemerintahan memberikan kesempatan kepada Kalbar seperti pembangunan infrastruktur, ekonomi, peningkatan SDM dan lainnya.

"Kemudian potensi wilayah semisal pariwisata dan juga berbagai keunggulan alam nya tentu berdampak. Termasuk kesempatan meningkatkan kemampuan SDM nya yang pasti diperlukan untuk menunjang keperluan pembangunan," jelas dia.

Baca juga: Limbah Sawit Jadi Pendapatan Tambahan Masyarakat Indonesia

Dengan akses jalan trans Kalimantan yang sudah menghubungkan provinsi di Kalimantan tentu memberikan dampak yang luas, katanya. 

"Arus kedatangan manusia dan berbagai kebutuhan untuk mendukung keberadaan ibu kota negara. Hal itu akan menjadikan Kalimantan semakin maju baik dari segi infrastruktur maupun ekonomi," katanya. 

Terkait kontribusi Apindo terhadap pemindahan ibu kota negara, menurut dia, sejak awal ikut memberi masukan dan kajian kepada pemerintah, bahkan sebelum wacana pemindahan ibukota ini mengemuka di media massa.

"Kita akan memanfaatkan berbagai jaringan yang Apindo untuk membantu pemerintah merencanakan dan mewujudkan pemindahan ibukota negara ini," jelas dia.

Baca juga: Huawei Diklaim Bisa Saingi Android dan IOS, Jika Harmony OS...

Kemudian investasi besar - besaran jelas akan dilakukan oleh para pengusaha termasuk di dalam anggota Apindo.

"Perlu dipertimbangkan oleh pemerintahan untuk memindahkan ibu kota negara yakni ketersediaan SDM dan infrastruktur penunjang serta komunikasi yang baik pada semua pihak, sehingga pemindahan ibukota negara ini berdampak baik bagi seluruh Indonesia," katanya.

Untuk di Kalbar juga mesti segera menyelesaikan pintu impor ekspor darat yang ada di Sanggau.

"Pintu ekspor dan impor di Sanggau baik dari segi fasilitas maupun keamanannya harus dimaksimalkan," katanya.


Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Nani Suherni

Berita Terkait: