IMF Prediksi Ekonomi Indonesia Bisa Capai 6,5 Persen, Ini Alasannya

ilustrasi (odi.org)ilustrasi (odi.org)

Pantau.com   Dana Moneter Internasional (IMF) menilai ekonomi Indonesia dapat tumbuh hingga 6,5 persen (tahun ke tahun/yoy), dalam jangka menengah atau pada 2022 mendatang.

“Reformasi di fiskal dan reformasi struktural lainnya menunjukkan, potensi pertumbuhan ekonomi (Indonesia) dapat mencapai 6,5 persen dalam jangka menengah,” kata IMF dalam Laporan Konsultasi Artikel IV untuk Indonesia 2017 yang telah disimpulkan dalam pertemuan Dewan Direktur IMF. 

Dalam laporan tersebut, IMF mengapresiasi perekonomian Indonesia dan menyambut baik fokus bauran kebijakan jangka pendek antara otoritas untuk mendorong pertumbuhan. Kebijakan tersebut juga dinilai bisa menjaga stabilitas.

IMF juga menyoroti belanja pemerintah yang dialokasikan ke sektor-sektor prioritas. Serta, pertumbuhan investasi yang banyak meningkatkan sumber pendanaan untuk pembangunan infrastruktur di Indonesia. 

Mereka menekankan, segala proses reformasi fiskal dan reformasi struktural lainnya harus menjadi prioritas agar pada akhirnya dapat meningkatkan penerimaan negara untuk mendukung kebutuhan pembiayaan pembangunan.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Martina Prianti