Ini Alasan Pulau Jawa (Masih) Sumber Utama Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta. (Pantau.com/Fery Heryadi)Salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta. (Pantau.com/Fery Heryadi)

Pantau.com Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira Adhinegara mengatakan, Pulau Jawa masih menjadi kontributor terbesar Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. 

Menurut catatan Badan Pusat Statitik (BPS), pada 2017 dari kelompok provinsi, Pulau Jawa memberikan kontribusi terbesar terhadap PDB yakni mencapai 58,49 persen. Selanjutnya diikuti oleh Pulau Sumatera sebesar 21,66 persen, dan Pulau Kalimantan 8,20 persen.

“Jawa dominan karena pusat industri manufaktur sebagian besar ada di Jawa. Di mana porsi industri manufaktur 20 persen terhadap PDB,” kata Bhimas ketika dihubungi Pantau.com, Rabu (7/2/2018).

Ia melanjutkan alasan lain yang membuat Pulau Jawa dominan menjadi sumber utama pertumbuhan ekonomi Indonesia adalah dari sisi jumlah penduduk yang lebih besar dibandingkan pulau-pulau lainnya. 

“Jumlah penduduk berpengaruh pada tingkat konsumsi rumah tangga secara nasional. Porsi konsumsi masyarakat mencapai 56 persen dari total PDB,” kata Bhima.

Tim Pantau