Ini Daftar Pemenang Lelang Blok Migas Skema Gross Split Senilai Rp315,90 Miliar

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar. (Foto: Pantau.com/Ratih Prastika)Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar. (Foto: Pantau.com/Ratih Prastika)

Pantau.com – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengumumkan lima pemenang lelang wilayah kerja (WK) Blok Migas dengan skema gross split dengan total investasi USD23,57 juta 5,000 (setara Rp315,90 miliar dengan Rp13.400 per 1 USD). Dan total bonus tanda tangan sebesar USD3,25 juta (setara Rp43,55 miliar).


“Penutupan lelang dikatakan 29 Desember, yang biasanya pengumuman memakan waktu at least 2, 3 sampai 6 month, untuk lelang kali ini saya targetkan satu bulan dan alhamdulillah terlaksana dalam satu bulan pemenangnya sudah dapat,” kata Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar saat memberikan sambutan dalam pengumuman pemenang WK Migas di Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (31/1/2018).  


Ada sebanyak 10 WK yang ditawarkan pemerintah. Terdiri dari tujuh WK melalui penawaran langsung dan tiga WK melalui lelang reguler. Lelang WK dimulai sejak akhir Mei 2017 dan diperpanjang sebanyak empat kali karena menunggu pengesahan Peraturan Pemerintah (PP) Perpajakan Gross Split.


Nah, sampai dengan batas akhir penyampaian dokumen partisipasi 29 Desember 2017, terdapat tujuh dokumen partisipasi untuk lima WK. Selanjutnya dilakukan pembukaan dan pemeriksaan serta penilaian akhir oleh tim penawaran untuk memberikan rekomendasi pemenang.


Berikut rincian pemenang WK dimaksud:

1. Andaman I

Mubadala Petroleum (SE Asia) Ltd, WK Andaman I dengan nilai investasi komitmen pastinya USD2,1 juta dan bonus tanda tangan sebesar USD750 ribu.


2. Andaman II

Konsorsium Premier Oil Far East Ltd, Kriss Energy (Andaman II) BV, Mubadala Petroleum (Andaman II JSA) Ltd, dengan WK Andaman II yang nilai investasi komitmen pastinya sebesar USD7,5 juta dan bonus tanda tangan sebesar USD1 juta.


3. Merak Lampung

PT Tansri Madjid Energi, WK Merak-Lampung dengan nilai investasi komitmen pastinya sebesar USD1,3 juta dan bonus tanda tangan sebesar USD500 ribu.


4. Pekawai

PT Saka Energi Sepinggan, WK Pekawai dengan nilai investasi komitmen pastinya sebesar USD10,4 juta dan bonus tanda tangan USD500 ribu.


5. West Yamdena

PT Saka Energi Indonesia, WK West Yamdena dengan nilai investasi komitmen pastinya sebesar USD2,1 juta dan bonus tanda tangan USD500 ribu

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Martina Prianti