Ini Kata Ekonom Soal Besaran Cadangan Devisa Indonesia

Dolar Amerika. (Setkab)Dolar Amerika. (Setkab)

Pantau.com Ekonom Samuel Aset Manajemen, Lana Soelistianingsih mengatakan, besaran cadangan devisa Indonesia pada Januari 2018 dipengaruhi sentimen global terutama harga minyak dan harga komoditas. Tidak hanya itu, perkembangan ekonomi global juga turut mempengaruhi.

Cadangan devisa menurut catatan Bank Indonesia (BI) pada Januari 2018 sebesar USD131,9 miliar, setara Rp1.768,53 triliun dengan nilai tukar Rp13.400 per dolar Amerka. Sebelumnya pada Desember 2017, cadangan devisa Indonesia USD130,2 miliar setara Rp1.744,62 triliun.

“Nilai tukar rupiah terhadap dolar yang dipengaruhi sentimen global, juga mempengaruhi. Stagnansi rupiah akan ikut menambah mempengaruhi besaran cadangan devisa,” kata Lana ketika dihubungi Pantau.com, Kamis (8/2/2018).

Ia melanjutkan, faktor pendorong besaran devisa lainnya bisa dilihat dari besar penerimaan pajak dan hasil ekspor minyak dan gas (migas). Nah, perkembangan harga minyak di pasar dunia serta harga komoditas, mempengaruhi dari sisi penerimaan pajak dan hasil migas. Mestinya, bisa lebih didorong karena masih banyak dana menganggur.

“Selain itu, penarikan pinjaman pemerintah dan lelang surat berharga Bank Indonesia atau SBBI valas, kan juga mempengaruhi,” jelas Lana. 

Catatan Pantau.com, besaran cadangan devisa Indonesia pada Januari 2018, melesat tajam dibandingkan Januari 2017. Pada periode sama tahun lalu, cadangan devisa Indonesia baru mencapai USD116,89 miliar, atau Rp1.566,33 triliun. 

Tim Pantau