Ini Kriteria Gubernur BI Idaman Pengusaha

Kantor Pusat Bank Indonesia (Foto: Pantau.com/Fery Heryadi)Kantor Pusat Bank Indonesia (Foto: Pantau.com/Fery Heryadi)

Pantau.com – Dua nama mantan menteri keuangan masuk dalam radar pengusaha sebagai calon idaman untuk menggantikan Agus D.W. Martowardojo sebagai Guberbur Bank Indonesia (BI).


Mereka adalah, Mantan Menteri Keuangan Chatib Basri dan Mantan Menteri Keuangan yang sekarang menjadi Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Indonesia (Menteri Bappenas), Bambang P.S. Brodjonegoro. 


“Pasti calon yang baik banyak. Kinerja BI selama ini baik jadi saya rasa, bisa paling tidak standarnya bisa menyamai atau lebih dari yang ada sekarang (Agus Martowardojo),” ujar Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Kamdani, usai gathering members Apindo, Jakarta, Senin (29/1/2018).


Baca juga: Nah Lho, Kemarin Larang, Sekarang BI Justru Kaji Penerbitan Mata Uang Virtual


Menurut Shinta, kedua mantan menteri keuangan Chatib Basri dan Bambang Brodjonegoro telah terbukti memiliki kualifikasi yang tidak perlu diragukan. Meski demikian, yang terpenting bagaimana sang calon gubernur BI dapat melanjutkan dan memperbaiki program yang sudah ada. 


“Saya rasa kalau melihat dari fiskal policy-nya sebagai central bank ini kan selama ini kiprahnya sudah kelihatan dengan kita melalui masa-masa strukturisasi fiskal kelihatan bahwa BI ini sangat berperan dan bisa,” kata Shinta. 

Tim Pantau
Editor
Martina Prianti
Penulis
Martina Prianti