Ini Nih 5 Catatan Bappenas Soal Realisasi RPJMN 2015-2019

grafis (Pantau.com/Fery)grafis (Pantau.com/Fery)

Pantau.com Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 sebagai turunan dari visi dan misi Presiden Joko Widodo memimpin Kabinet Kerja, terus diupayakan terwujud semuanya. Nah, dua tahun jelang berakhirnya RPJMN dimaksud, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) memberikan lima catatan dari pelaksanaan RPJMN.

Baca juga : Resolusi 2019 untuk Millennials yang Galau Atur Keuangan

Catatan yang tertuang dalam materi persentasi Menteri PPN/Kepala Bappenas  Bambang PS Brodjonegoro menyebutkan pertama, secara umum, pencapaian target-target pembangunan RPJMN 2015-2019 masih memerlukan kerja keras. Kedua, untuk mendorong penurunan kemiskinan sesuai target, inflasi perlu dijaga tetap stabil terutama inflasi pada komponen makanan.

Ketiga, perlu adanya mitigasi risiko (bencana alam) dan penanganannya terutama di daerah-daerah rawan bencana dan penghasil pangan. Keempat, integrasi program-program bantuan sosial dan subsidi tepat sasaran harus terus diupayakan agar ketepatan sasaran dan pendapatan masyarakat miskin dan rentan, terus meningkat.

Kelima, penurunan ketimpangan harus diupayakan terus melalui kebijakan yang lebih inklusif seperti penciptaan kesempatan kerja, peningkatan kapasitas melalui berbagai pelatihan dan vokasi, kemitraan yang lebih luas, dan infrastruktur dasar yang memadai. Nah bagaimana perkembangan realisasi pelaksanaan target RPJMN berikut menurut Bappenas. (lihat tabel)

Tim Pantau
Editor
Martina Prianti