Pantau Flash
Perusahaan Asuransi Mendata Klaim Banjir Jakarta
Kapal Berkecepatan 40 Knot Disiagakan TNI di Pulau Sebaru Jaga WNI
Yasonna Sebut Telah Kantongi Nama Dirjen PAS Baru
Mahfud MD: Tidak Ada Kontradiksi Agama dan Pancasila!
Wakil Presiden Iran Masoumeh Ebtekar Positif Terinfeksi Korona

Ini Penyebab Nilai Tukar Rupiah Melemah di Akhir Pekan

Ini Penyebab Nilai Tukar Rupiah Melemah di Akhir Pekan Nilai Tukar Rupiah terhadap Dolar. (Foto: ANT)

Pantau.com - Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada akhir pekan melemah tipis di tengah tren positif nilai tukar seminggu terakhir. Rupiah ditutup melemah 2 poin atau 0,02 persen di level Rp13.645 per dolar AS dibandingkan posisi hari sebelumnya Rp13.643 per dolar AS.

Analis Bank Mandiri, Rully Arya Wisnubroto, mengatakan, meski mengakhiri pekan sedikit melemah, pekan ini pergerakan rupiah didukung sentimen positif dari eksternal maupun internal.

"Pekan ini rupiah cenderung positif. Baik global maupun domestik positif," ujar Rully, Jumat (17/1/2020).

Baca juga: Rupiah Ditutup Melemah Tipis Jelang Akhir Pekan

Penandatanganan kesepakatan fase satu antara AS dan China pada 15 Januari 2020 mendukung penguatan aset berisiko, termasuk rupiah. Kesepakatan tersebut memperbaiki hubungan dagang AS-China yang bisa membantu memulihkan pertumbuhan ekonomi global.

Selain itu, pertumbuhan ekonomi China di tahun lalu yang tumbuh 6,1 persen atau sesuai dengan ekspektasi pasar, juga menjadi sentimen positif bagi nilai tukar.

Rupiah pada pagi hari dibuka menguat Rp13.634 per dolar AS. Sepanjang hari, rupiah bergerak di kisaran Rp13.634 per dolar AS hingga Rp13.661 per dolar AS. Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia pada Jumat menunjukkan, rupiah menguat menjadi Rp13.648 per dolar AS dibanding hari sebelumnya di posisi Rp13.658 per dolar AS.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Tatang Adhiwidharta
Category
Ekonomi

Berita Terkait: