Ini Proyek Infrastruktur Pemerintah yang Bakal Dibiayai Obligasi Hijau

Penandatanganan nota kesepahaman kerja sama obligasi hijau. (Bappenas)Penandatanganan nota kesepahaman kerja sama obligasi hijau. (Bappenas)

Pantau.com Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) melalui Unit Tim Fasilitasi Pembiayaan Investasi Non-anggaran Pemerintah (PINA), tengah memetakan proyek-proyek infrastruktur potensial untuk didanai obligasi ‘hijau’ (green bonds). Pembiayaan melalui penerbitan surat utang berwawasan lingkungan.

Chief Executive Officer (CEO) PINA, Ekoputro Adijayanto mengatakan, proyek infrastruktur yang potensial akan dibiayai dengan skema obligasi ‘hijau’ ditujukan untuk pengembangan proyek dengan skema berwawasan lingkungan. Terutama, yang dapat mengurangi kendaraan bermotor di jalan raya.

“Jadi semua yang tidak terkait jalan raya, itu pantas dipilih untuk menerima skema tersebut. Yang di antaranya ada pelabuhan, bandar udara, dan perkeretaapian. Ssatu lagi yang terkait dengan pengolahan air dan energi baru terbarukan,” kata Ekoputro, Senin (5/2/2018).

Target penerbitan obligasi hijau di 2018 sendiri mencapai USD250 miliar, setara Rp335 triliun. Ia mejelaskan tiga proyek infrastruktur yang potensial didanai dengan skema obligasi hijau antara lain Bandara Kertajati di Jawa Barat oleh PT Angkasa Pura II, New Tanjung Priok di DKI Jakarta oleh PT Pelindo II, dan penyaluran air bersih dari Jatiluhur ke Jakarta melalui Perum Jasa Tirta.

Ekoputro mengatakan, pendekatan ke masing-masing pemangku kepentingan atas proyek-proyek tersebut akan dilakukan melalui bisnis ke bisnis (business-to-business). Terkait itu, Kementerian PPN/Bappenas dalam keterangan tertulis yang diterima Pantau.com menyebutkan, telah memfasilitasi penandatanganan Nota Kesepahaman kerja sama obligasi hijau antara PT Efek Beragun Aset Indonesia (EBA) dan The Climate Bonds Initiative (CBI) pada hari ini.

PT EBA Indonesia merupakan perusahaan konsultan untuk obligasi hijau dan sekuritisasi aset. Sementara CBI adalah organisasi non-pemerintah yang fokus pada instrumen keuangan dan investasi berwawasan lingkungan.

CEO Climate Bonds Initiative Sean Kidney memproyeksikan nilai obligasi ‘hijau’ untuk pembiayaan infrastruktur di Indonesia mencapai USD3 miliar, setara Rp40,20 triliun (1USD= Rp13.400) sampai 2018. 

Tim Pantau