Ini Tangapan Menteri Keuangan Soal Gaji PNS Dipotong 2,5 Persen

Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Pantau.com/Ratih Prastika)Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Pantau.com/Ratih Prastika)

Pantau.com Menteri Keuangan Sri Mulyani mengaku sudah mengetahui rencana pungutan 2,5 persen gaji apartur sipil negara (ASN) yang beragama Islam untuk zakat. Pemotongan gaji tersebut, akan diatur dalam dalam Keputusan Presiden.

“Kemarin disampaikan di dalam rapat namun saya belum lihat. Pada dasarnya, (ada) keinginan untuk meningkatkan sumbangan melalui zakat (yang) bagi orang Islam adalah salah satu kewajiban,” kata Sri Mulyani, Rabu (7/2/2018).

Potongan gaji ASN untuk zakat, nantinya akan dikelola oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Bagi ASN yang keberatan dipotong dapat mengajukan keberatan.

Sri Mulyani mengatakan, pihaknya mengupayakan kewajiban zakat bagi umat muslim juga harus berjalan harmonis dengan kewajiban membayar pajak. 

“Disatu sisi, mereka  (umat Islam) ada kewajiban yang didasarkann pada kepercayaan agama. Di sisi lain, kita juga ada kewajiban institusi membayar pajak. Kita akan lakukan secara harmonis,” katanya. 

Ia menyarankan, pembahasan lebih lanjut mengenai pengumpulan zakat oleh ASN, dibahas di dalam forum ekonomi syariah. “Umat Islam Indonesia membayar zakat melalui banyak channel dan hal ini yang perlu dibahas dalam ekonomi syariah,” kata Sri Mulyani.

Tim Pantau
Editor
Martina Prianti