Ini Tanggapan Mendag Soal Laman E-Commerce Dijejali Produk Asing

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita (Pantau.com/Ratih Prastika)Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita (Pantau.com/Ratih Prastika)

Pantau.com Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita angkat suara soal pengakuan bos Blibli.com yang menyampaikan soal jumlah usaha kecil menengah (UKM) atau lokal produk, dalam platformnya. 

Menteri Perdagangan Enggartiasto meminta marketplace termasuk Blibli, dapat membantu UKM untuk memasarkan produk melalui laman penjualan elektronik.

“Tadi ada pengakuan menarik dari Blibli.com dengan keprihatinan bahwa dari 2,5 juta baru 100 ribu hingga 200 ribu yang produk’kita. Saya meminta langsung dan akan kami kumpulkan mereka untuk bisa mebantu UKM kita bisa dipasarkan oleh mereka,” ujar Enggartiasto saat ditemui dalam Rapat Kerja Kementerian Perdagangan, Jumat (2/2/2018).

Meski demikian, Menteri Enggar mengatakan tetap harus ada pemilahan produk UKM yang bisa dipasarkan. Ia meminta dinas-dinas di daerah, melakukan pembinaan untuk menghasilkan UKM yang layak dibina untuk pemasaran di marketplace.

“Kita juga harus menyeleksi, tidak  bisa kita lemparkan asal UKM masuk ke sana. Kita tahu kontinuitas dari produknya dan kualitas atas produknya, maka kita pasti memintakan kepada mereka untuk bisa dibantu dipasarkan,” kata Enggar.

Dengan demikian, ia berpendapat kehadiran marketplace bukan sekadar jadi pasar bagi produk luar negeri. Ia mencontohkan, marketplace asal Tiongkok, Alibaba, yang berhasil memasarkan produknya ke seluruh dunia. “Kehadiran marketplace yang besar-besarmemasarkan produk Indonesia ke luar negeri,” imbuh Enggar.

Tim Pantau
Penulis
Martina Prianti