Inilah 3 Pendorong Ekonomi Indonesia

Salah satu kawasan perkantoran di Jakarta. (Pantau.com/Fery Heryadi)Salah satu kawasan perkantoran di Jakarta. (Pantau.com/Fery Heryadi)

Pantau.com Chief Economist Standard Chatered Bank Indonesia, Aldian Taloputra mengatakan, ada tiga pendorong utama pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun ini. Yakni konsumsi swasta atau masyarakat, peningkatan investasi, dan dukungan pasar global.

“Konsumsi swasta terpantu terus membaik hal ini didukung dengan usaha pemerintah yang mampu mengendalikan inflasi,” kata Aldian, Rabu (14/2/2018).

Ia mengatakan dengan tiga katalis pendorong itu, pertumbuhan ekonomi Indonesia 2018 akan lebih tinggi dibanding 2017. “Bila tahun 2017 tercatat 5,1 persen, di tahun ini saya prediksi menjadi 5,2 persen (year on year),” katanya.

Target pertumbuhan ekonomi 2018 yang ditetapkan pemerintah sendiri 5,4 persen. Lebih lanjut Ia menyampaikan, pertumbuhan ekonomi Indonesia diprediksi bisa meningkat lagi pada tahun depan hingga mencapai 5,4 persen. 

Aldian menyampaikan pertumbuhan ekonomi Indonesia juga didorong belanja negara yang ekspansif dengan meningkatnya anggaran belanja 2018, serta meningkatnya perlindungan sosial. Ia menyebut anggaran perlindungan sosial juga naik dari Rp228,3 triliun di tahun 2017 menjadi Rp283,8 triliun di tahun 2018.

Baca juga: Menakar ‘Manfaat’ Lonjakan Cadangan Devisa Indonesia

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara