Pantau Flash
Pembatasan Virus Korona Berkurang, Harga Minyak Dunia Naik
Ekonomi Dunia Kembali Dibuka, Dolar AS Tergelincir
Jepang Jalani 'The New Normal' Usai Status Darurat COVID-19 Dicabut
Peneliti LIPI Prediksi Warga yang Kembali ke Jakarta Sedikit
Ketegangan AS- China buat Rupiah Melemah Rp14.755 per Dolar

Isu Ekonomi yang Wajib Diwaspadai hingga Pelantikan Presiden 2019-2024

Isu Ekonomi yang Wajib Diwaspadai hingga Pelantikan Presiden 2019-2024 Debat terakhir Pemilihan Presiden RI 2019 (Foto: Pantau.com/Yusuf Fadila)

Pantau.com - Pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin memenangi Pemilu Presiden 2019 berdasarkan hasil hitung cepat atau quick count sembilan lembaga. 

Terkait hal tersebut, pengamat ekonomi mengingatkan ada beberapa sentimen yang harus diwaspadai hingga pelaksanakan pelantikan secara resmi Oktober mendatang. Pengamat Institute for Development of Economic and Finance (INDEF) mengatakan sentimen yang dihadapi berasal dari luar maupun dalam negeri.  

"Sekarang kan sentimennya cukup positif, cuma dari sentimen global kan tetap harus diwaspadai, dari sentimen global kan ada Brexit ketidakpastian Brexit di Inggris kan masih jadi masalah," ujarnya saat dihubungi Pantau.com, Kamis (18/4/2019).

Baca juga: Habis Ratusan Miliar di Pilpres, Saham Sandiaga Juga Anjlok 8 Persen

Selain itu kata dia, perlambatan ekonomi yang diprediksi akan terjadi di beberapa negara pasti akan turut memberikan dampak kepada perekonomian Indonesia. 

"Adanya perlambatan ekonomi global, di AS, Eropa, Jepang diprediksi tahun ini akan mengalami resesi paling lambat tahun 2020 akan mengalami resesi, ini pasti akan menjadi sentimen negatif," ungkapnya.


Tim Pantau
Penulis
Nani Suherni
Reporter
Ratih Prastika

Berita Terkait: