Pantau Flash
KPK Ingatkan Penyelewengan Anggaran Terkait Korona Bisa Dihukum Mati
Pangeran Charles Sembuh dari Virus Korona
Mitigasi Dampak COVID-19, BI Dukung Penerbitan Perppu No 1 Tahun 2020
10.597 Warga Jabar Sudah Ikut Rapid Test, 409 Ditemukan Positif COVID-19
Di Tengah Wabah Korona, Menteri Edhy: KKP Akan Berikan Layanan Terbaik

Jack Ma Resmi Mundur sebagai CEO Alibaba Hari Ini

Headline
Jack Ma Resmi Mundur sebagai CEO Alibaba Hari Ini Pendiri Alibaba Group Jack Ma (Foto: AFP)

Pantau.com - Pamitnya Jack Ma dari Alibaba mengantar era baru untuk teknologi China. Salah satu pendiri karismatik Alibaba senilai $460 miliar-plus akan mengundurkan diri dari jabatan ketuanya saat berusia 55 tahun pada hari ini, Selasa (10 September). 

Jelas kepergian Jack Ma ini datang saat Beijing mempererat cengkeramannya pada sesama bos seperti Pony Ma Tencent, yang juga harus bergulat dengan ekonomi yang melambat.

Serah terima pada 10 September sebagian besar akan bersifat simbolis. Ma akan tetap di dewan hingga masa jabatannya saat ini berakhir pada tahun 2020. Miliarder yang telah menghabiskan bertahun-tahun pemimpin Alibaba ini akan digantikan Daniel Zhang dan kepala keuangan Maggie Wu, untuk mengambil alih. 

Baca juga: Resmi Mengundurkan Diri, Ini 'Surat Cinta' Jack Ma untuk Pelanggan

Sebagai bagian dari perombakan manajemen pada bulan Juni, yang terakhir diangkat untuk mengawasi divisi investasi strategis perusahaan yang sangat penting, menjadikannya salah satu pembuat kesepakatan terbaik di dunia.

Dilansir The Straits Times, Robin Li dari Baidu, yang bertanggung jawab atas mesin pencari teratas China, telah melihat kapitalisasi pasar perusahaannya berkurang separuh selama setahun terakhir karena kesalahan langkah strategis. 

Grup video-game Tencent sepertinya tidak bisa menghindari tekanan pejabat. Lengan streaming musiknya saat ini menghadapi pengawasan antitrust, menurut laporan media bulan lalu, menyusul upaya keras terhadap bisnis intinya tahun lalu.

Baca juga: Mundur dari Alibaba, Begini Kisah 'Kembaran' Jack Ma

Pendapatan tahunan di Alibaba diperkirakan akan tumbuh 36 persen, menjadi $72 miliar, pada tahun fiskal saat ini, menurut perkiraan analis rata-rata dari Refinitiv. Perhitungan ini karena taruhan diversifikasi dalam komputasi awan, ritel offline, dan area lainnya terbayar.

Namun, perencanaan suksesi Ma juga membedakannya dari banyak rekan, seperti Richard Liu di saingannya, JD.com, yang tidak memiliki kedua in-command yang jelas.

Zhang akan mewarisi pekerjaan teratas, tetapi bukan ledakan ekonomi domestik yang ditunggangi Alibaba selama bertahun-tahun. Sukses di pasar luar negeri, sulit dipahami sejauh ini, apalagi ketika ketegangan perdagangan meningkat. Langkah Ma yang paling cerdas mungkin adalah berhenti sementara dia masih di depan.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Nani Suherni

Berita Terkait: