Pantau Flash
Liga 1 2020 Dimulai, Wakil Presiden Harapkan Kompetisi Sehat
Siap-siap, Beli Ponsel di Atas Rp7 Juta dari Luar Negeri Wajib Daftar IMEI
Arab Saudi Stop Umrah, Hidayat Nur Wahid: Baik Dilakukan untuk Cegah Korona
Lion Air Jemput 13.000 Jamaah Umrah Kembai ke Indonesia
Bank Indonesia Yakin Ekonomi Membaik di Semester II-2020

Jangan Cuma Tahu Mobil Esemka, Ini 3 Mobil Listrik Karya Anak Bangsa

Headline
Jangan Cuma Tahu Mobil Esemka, Ini 3 Mobil Listrik Karya Anak Bangsa Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Jika kalian masih euforia soal peresmian pabrik mobil esemka, harusnya kalian juga enggak lupa dong soal deretan mobil lainnya yang sudah digarap oleh anak bangsa? Apalagi, deretan mobil yang dibahas dibawah ini diprediksi bisa jadi mobil masa depan lho.

Yup! mobil listrik. Presiden Joko Widodo juga sebelumnya telah resmi menerbitkan Peraturan Presiden soal mobil listik. Nah mobil-mobil di bawah ini sebelumnya sudah pernah mejeng lho dibeberapa pameran. Berikut daftarnya;

Baca juga: Banderol Harga Mobil Listrik Produksi Tanah Air, Siapa Tahu Sobat Pantau Tertarik

1. Mobil listrik Tucuxi


Dikutip automotifo, mobil listrik yang satu ini merupakan karya Danet Surayatama pada tahun 2012. Nama Tucuxi berarti lumba-lumba, karena dari segi desain mirip dengan lumba-lumba. Mobil ini juga dilengkapi motor listrik yang bisa mengeluarkan tenaga sebesar 268 Horsepower. Itu artinya Tucuxi setara mobil konvesional yang menggunakan mesin 3.000 cc.

Tucuxi menggunakan baterai Lithium Iron Phosphate (LiFEPO4) atau Nano Lithium sebagia sumbu tenaganya. Lebih hebatnya lagi, mobil listrik Indonesia tersebut telah dilengkapi fitur Fast Charging, sehingga baterainya bisa terisi penuh dalam waktu 3-5 Jam. Teknologi yang dipakai mobil listrik Indonesia ini tidak kalah dari mobil listrik Tesla. Bahkan saat terisi penuh, Tucuxi bisa menempuh jarak sejauh 321 km.

Baca juga: Yah.... Menhub Tolak DP 0 Persen Kendaraan Nih Gengs

Sayangnya mobil ini bernasib naas, karena sempat mengalami kecelakaan saat diuji coba oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan di Magetan, Jawa Timur. Sekarang nasib mobil sport listrik yang dikembangkan di Yogyakarta namun belum jelas kelanjutannya.

Kabarnya, jika diproduksi secara massal harga mobil listrik Indonesia ini bisa mencapai Rp1,5 miliar, mahal ya. Yakin mau beli?

2. Mobil listrik Selo


Mobil listrik Selo (Foto: Instagram/kyt_art)

Bisa dikatakan Selo adalah mobil listrik tercanggih karya anak bangsa. Mobil ini merupakan mahakarya Ricky Nelson pada tahun 2013. Dia rela kembali ke Indonesia setelah meniti karir selama 14 tahun di Jepang. Mobil listrik Indonesia yang satu ini terlihat mirip mobil Lamborghini ataupun supercar lainnya.

Baca juga: Resolusi Punya Mobil 2019 Tercapai Nih! DP 0 Persen Gengs.....

Didalamnya telah terpasang motor listrik dengan tenaga 182 horsepower 130 kw. Untuk mengisi baterainya secara penuh dibutuhkan waktu sekitar 4 Jam dan baterai tersebut bisa dipakai untuk menjelajah sejah 250 kilometer.

Beragam teknologi canggih telah dimasukan Ricky Nelson pada Selo. Mobil listrik Indonesia ini diklaim mampu berlari hingga kecepatan 220km/jam. Kabarnya dulu mobil ini di patok Rp200 juta. Mungkin yang ini pas buat kantong kalian ya.  

3. Bus Listrik Ahmadi


Tidak hanya mobil listrik, Indonesia juga mampu membuat bus listrik. Bus ramah lingkungan ini ditenagai 132 sel baterai lithium ferophospat berdaya 150 kwh. Sedangkan untuk dapur pacunya menggunakan motor listrik yang bisa menghasilkan tenaga sebesar 220 kw atau setara 294 daya kuda.

Baca juga: Kamu Keberatan Harga Tiket Pesawat Naik? Jusuf Kalla: Hati-hati

Kecematan maksimal mobil listrik ini bisa mencapai 80 km/jam. Untuk menguji kehebatannya, PT Sarimas Ahmadi Pratama telah melakukan ujicoba dari Bandung melalui Puncak dan sampai ke Cibinong. Sayangnya harga bus Listrik Indonesia ini sangat mahal, karena dibanderol dengan harga mulai Rp1,2 miliar.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Nani Suherni
Category
Ekonomi

Berita Terkait: