Pantau Flash
Tiba di Polda Metro, Luhut Diperiksa Terkait Laporan Terhadap Haris Azhar
Data per 26 September, 48.526.648 Penduduk Indonesia Sudah Dapat Vaksin Dosis Lengkap
Ngeri, IDI Ungkap Kasus Anak Terinfeksi Covid-19 Tertinggi di Jawa Barat
Covid-19 di Indonesia Hari Ini: Kematian di Bawah 100, Positif Tambah 1.760
Gempa Magnitudo 5,0 Guncang Mamuju Tengah, Tidak Berpotensi Tsunami

Jepang Terapkan Sistem Pembayaran Tol Tanpa Kartu Sejak Tahun 2006

Jepang Terapkan Sistem Pembayaran Tol Tanpa Kartu Sejak Tahun 2006 Aplikasi FLO Jasa Marga (Foto: Pantau.com/Noor Pratiwi)

Pantau.com - Sobat Pantau sudah tahukan kalau PT Jasa Marga sedang melakukan uji coba pembayaran tanpa tap dengan uang elektroni. Pembayaran tarif tol nantinya akan menggunakan Radio Frequency Identification (RFID).

Mekanismenya, pengguna jalan tol menggunakan aplikasi sistem transaksi Single Lane Free Flow (SLFF) bernama FLO.

Sistem ini merupakan pengembangan dari teknologi Electronic Toll Collection (ETC) menuju sistem Multi Lane Free Flow (MLFF). Jadi sistem kerjanya adalah pengemudi yang menggunakan jalan tol diminta untuk mengunduh mobile application FLO di smartphone, lalu mengkoneksikannya dengan Sticker FLO.

Baca juga: Baru! Bayar Tol Tanpa Kartu, Langsung Jalan Gunakan LinkAja

Pemotongan saldonya? 

Voucher Elektronik (VE) FLO bisa diisi melalui mobile application LinkAja. Jadi disini, dompet digital LinkAja adalah sebagai media pengisian voucher atau saldo. 

Jauh sebelum Indonesia, jelas negara yang terkenal tertib dan canggih, Jepang sudah menggunakan sistem seperti Jasa Marga di tahun 2006. Negara itu menggunakan sistem teknologi ETC, dimana pengemudi di Jepang tak perlu lagi menyiapkan kartu uang elektroniknya di setiap gerbang tol.

Baca juga: RI Ribut Diskon, Perancis Malah Kenakan Pajak Lingkungan di Tiket Pesawat

Memang sedikit berbeda dengan Indonesia, Jepang tak menggunakan scan stiker. Di Jepang mobil dipasang alat kartu ETC, nantinya pengemudi.

Selanjutnya, tagihan ETC akan langsung ditagih ke kartu kredit pengemudi. Pengambilan saldo dilakukan setiap kendaraan melewati gerbang tol yang mendeteksi ETC di setiap mobil. 

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Nani Suherni