KAI Sediakan Solusi Bagi Warga Bogor Mau ke Bandung

ilustrasi (Pantau.com/Fery Heryadi)ilustrasi (Pantau.com/Fery Heryadi)

Pantau.com Keterbatasan ruas jalan dan tingginya jumlah kendaraan membuat kebutuhan masyarakat terhadap transportasi masal meningkat. Hal tersebut membuat layanan angkutan masal kereta api menjadi salah satu solusi.

Direktur Utama PT KAI (Persero) Edi Sukmoro, menginginkan adanya rute kereta api dari jalur Cianjur-Sukabumi-Bandung, dapat kembali dioperasikan. Dengan dibukanya rute ini, juga dapat menyambungkan jalur Bogor.  “Nah kalau (rute) itu tersambung maka orang dari Bogor ke Bandung langsung ke Bandung tidak ke Jakarta dulu,” ujar Edi, Selasa (9/1/2017).

Terkait rencana tersebut, Edi mengaku sedang melakukan studi kelayakan. Rencananya, untuk mewujudkan rencana tersebut KAI bakal bekerja sama dengan PT PP (Persero).

“Sekarang sedang dalam FS (feasibility study) dilakukan oleh PP karena kita kolaborasi dengan BUMN juga mudah-mudahan segera selesai karena tracknya itu sebenarnya sudah ada dari Cianjur-Padalarang masuk Bandung,” paparnya.

Edi berharap, sambungan Bogor-Sukabumi nantinya dapat diwujudkan dengan kereta listrik agar dapat mengangkut dengan kapasitas lebih banyak dan fasilitas yang lebih baik. Hanya saja impian tersebut katanya masih perlu menunggu hasil FS.

Tim Pantau
Editor
Martina Prianti