Pantau Flash
BPBD DKI Keluarkan Peringatan Hujan Angin di Jakarta hingga 27 Oktober
Kebakaran Terjadi di Jalan Simprug Golf II, 21 Unit Damkar Diterjunkan
Polda Metro Perpanjang Peniadaan Ganjil-Genap
Bom Bunuh Diri di Afganistan Tewaskan 24 Orang Termasuk Pelajar Remaja
Pasukan Keamanan Afganistan Tewaskan Pimpinan Senior Al Qaeda Al-Masri

Konsumsi Daging Babi Terbanyak di Dunia Bukan Warga China

Headline
Konsumsi Daging Babi Terbanyak di Dunia Bukan Warga China Bendara China (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Jelang peringatan ke 70 Republik Rakyat China (RRC), jelas negara yang berani perang tarif dagang dengan Amerika Serikat ini melakukan deretan perayaan. 

Sama seperti perayaan pada umumnya yang kerap ada jamuan makan, warga China juga melakukan hal demikian. Tapi, yang wajib sobat Pantau tahu adalah mereka biasanya mengkonsumsi daging babi. Sayangnya lagi, karena sedang dilanda krisis daging babi karena flu babi, mungkin perayaan kali ini akan mengurangi konsumsi daging babi.

Meskipun terkenal dengan negara konsumsi daging babi paling banyak, tetapi faktanya bukan China lho negara dengan konsumsi daging babi terbanyak di dunia.

Baca juga: Krisis Daging Babi Mulai Membuat China Keluarkan Stok Daging Babi Beku

Dari data Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) yang menggunakan data OECD Agriculture Statistics: OECD-FAO Agricultural Outlook (Edition 2018) memaparkan konsumsi daging di berbagai negara.

OECD menyebut konsumsi daging terkait dengan standar hidup, makanan, produksi ternak, dan harga konsumen. Dibandingkan dengan komoditas lain, daging dicirikan oleh biaya produksi yang tinggi dan harga produksi yang tinggi.

Penduduk Vietnam berada di urutan teratas untuk konsumsi daging babi. Rata-rata penduduk negara ini makan daging babi 31,8 kg per tahun. Konsumsi daging babi di Vietnam ini paling tinggi dibandingkan daging sapi, unggas, atau kambing.

Baca juga: Balasan 'Manis' China: 16 Produk AS Bebas dari Kenaikan Tarif Baru

Kemudian ada China dengan 30,8 kg per kapita dan disusul Korea yang rata-rata penduduknya makan daging babi 29 kg dalam setahun. Sama seperti di Vietnam, konsumsi daging babi di China dan Korea paling tinggi dibandingkan jenis daging lainnya.

Konsumsi terendah daging babi di didominasi negara yang penduduknya mayoritas memeluk agama Islam. Pakistan, Iran, dan Mesir konsumsi daging babinya 0 kg. Indonesia sendiri konsumsi daging babi pada 2019 mencapai 2,4 kg per kapita.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Nani Suherni

Berita Terkait: