Lagi, Penurunan Harga Minyak Dunia Berlanjut

ilustrasi (Pantau.com/Fery Heryadi)ilustrasi (Pantau.com/Fery Heryadi)

Pantau.com Harga minyak dunia di pasar dunia pada perdagangan Jumat (9/2/2018) atau Kamis waktu setempat, mengalami penurunan. Reli penurunan harga minyak dunia ini masih dipengaruhi oleh data kenaikan persediaan minyak mentah Amerika Serikat.

Patokan harga minyak di Amerika, minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Maret, turun USD0,64 menjadi menetap di USD61,15  per barel di New York Mercantile Exchange.

Sementara itu harga minyak global, minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman April, turun USD0,70 menjadi ditutup pada USD64,81 per barel di London ICE Futures Exchange.

Badan Informasi Energi AS (EIA) menyampaikan persediaan minyak mentah Amerika naik 1,9 juta barel, pada pekan yang berakhir 2 Februari menjadi 420,3 juta barel. 

EAI juga mencatat persediaan produk-produk minyak juga meningkat, dengan bensin naik 3,4 juta barel menjadi 245,5 juta barel, dan sulingan naik 3,9 juta barel menjadi 141,8 juta barel, menurut EIA.

Catatan Pantau.com, meski harga minyak mentah di pasar dunia terus mengalami penurunan, namun besarannya hingga hari ini masih tetap di atas asumsi pemerintah Indonesia. Asumsi makro Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018 mematok harga minyak tahun ini USD48 per barel.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara