Pantau Flash
Perpadi Minta Pemerintah Pertimbangkan Lagi Rencana Impor di Tengah Panen Raya
Pemerintah Perpanjang PPKM Mikro, Diperluas di 3 Provinsi
Menkes: Ada Tambahan 4 Kasus Mutasi COVID-19 B117, Terdeteksi di 4 Provinsi Ini
Dualisme Partai Demokrat, Polri Siap Turun Tangan Antisipasi Gangguan Kamtibmas
Bertambah 6.894, Kasus Positif COVID-19 di RI Jadi 1.386.556 per 8 Maret

Libra Facebook Terbang ke Swiss Mencari Sistem Pembayaran

Headline
Libra Facebook Terbang ke Swiss Mencari Sistem Pembayaran Libra facebook (Foto: Getty Image)

Pantau.com - Proyek cryptocurrency Libra Facebook (FB.O) mencari lisensi sistem pembayaran Swiss. Pengamat keuangan FINMA mengatakan pada hari Rabu (11/9/2019), luasnya layanan yang direncanakan Libra akan membutuhkan pengawasan yang luas.

Jaringan media sosial terbesar di dunia ini mengumumkan rencana pada bulan Juni untuk meluncurkan cryptocurrency. Karena berusaha untuk berkembang di luar jejaring sosial dan pindah ke e-commerce dan pembayaran global, jelas rencana tersebut telah mendapat perhatian besar dari para pejabat keuangan global.

"Karena penerbitan token pembayaran Libra, layanan yang direncanakan oleh proyek Libra jelas akan melampaui orang-orang dari sistem pembayaran murni," FINMA mengatakan.

Baca juga: Kamu Bisa Disebut Pintar Kelola Uang Jika Lolos 7 Kriteria Berikut

Akan ada perluasan alokasi modal untuk kredit, risiko pasar dan operasional, konsentrasi risiko dan likuiditas, dan manajemen cadangan Libra.

"Kami terlibat dalam dialog konstruktif dengan FINMA dan kami melihat jalur yang layak untuk jaringan blockchain sumber terbuka untuk menjadi sistem pembayaran yang diatur, gesekan rendah, dengan keamanan tinggi," kata Asosiasi Libra yang berbasis di Jenewa.

Ia telah meminta FINMA untuk mengklarifikasi status asosiasi dan koin Libra di bawah hukum pengawasan Swiss, kata regulator.

Baca juga: Data Baru Ungkap Risiko Bitcoin! Bisa Bikin Amsyong

Di bawah Sekretaris Terorisme dan Kecerdasan Finansial Sigal Mandelker mengatakan kepada wartawan di Ibu kota Swiss pada hari Selasa bahwa proyek cryptocurrency harus memenuhi standar tertinggi untuk memerangi pencucian uang dan pendanaan terorisme jika ingin keluar dari lapangan.

"Baik itu bitcoin, Ethereum, Libra, pesan kami sama untuk semua perusahaan ini: anti pencucian uang dan memerangi pendanaan terorisme harus dibangun ke dalam desain Anda sejak awal," kata Mandelker.

FINMA mengatakan bahwa pengawasan terhadap berbagai layanan yang disediakan oleh Libra akan mengikuti pepatah "risiko yang sama, aturan yang sama."

"Standar anti pencucian uang internasional tertinggi perlu dipastikan di seluruh ekosistem proyek," katanya.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Nani Suherni

Berita Terkait: