Pantau Flash
Satgas Laporkan 5.910.921 Jiwa Warga Indonesia Telah Mendapatkan Vaksinasi Lengkap
Polisi Libatkan Interpol Buru Pria Mengaku Nabi ke-26
Kanada Kembali Laporkan Kasus Pembekuan Darah Akibat Vaksin AstraZeneca
Penerima Vaksin COVID-19 Bertambah 95.060 Menjadi Total 10.801.244 Orang
Fly Over Cakung Bakal Uji Coba Perdana pada 19 hingga 21 April

Listrik di Wilayah Terdampak Banjir Jabar Sudah Pulih 100 Persen

Listrik di Wilayah Terdampak Banjir Jabar Sudah Pulih 100 Persen Ilustrasi petugas Area Pelaksana Pemeliharaan (APP) Cawang PT PLN (Persero) Transmisi Jawa Bagian Barat melakukan pemeriksaan rutin panel di Gardu Induk 150 KV Mampang Dua, Jakarta. (Foto: Antara/Widodo S. Jusuf)

Pantau.com - Jebolnya tanggul Sungai Citarum di Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat membuat aliran listrik di wilayah sekitar padam, akibat banjir dan menyebabkan terganggunya gardu distribusi  PLN.

“Alhamdulillah puji syukur, kita berhasil memulihkan seluruh gardu distribusi yang terdampak banjir di Jabar,” kata General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat Agung Nugraha, Minggu (28/2/2021).

Sebelumnya tanggul Sungai Citarum di Desa Sumberurip, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi yang jebol sempat menghambat proses pemulihan pada dua unit gardu distribusi. Agung menjelaskan, sebanyak 2.162 gardu dan 535 ribu pelanggan yang sebelumnya terdampak banjir telah menyala kembali.

Baca juga: RI Dapat 4 Jenis Vaksin COVID-19, Menkes Budi: Kita Beruntung Bisa Dapat Duluan

Dia menuturkan kedua gardu terakhir yang berhasil dipulihkan hari ini terletak di Kabupaten Bekasi dan dikarenakan kondisi tanggul sungai citarum yang sempat jebol, PLN perlu mengutamakan keselamatan masyarakat dengan menunggu berhasil tanggul diperbaiki, memastikan kondisi telah aman dari banjir dan segera mengoperasikan kedua gardu tersebut.

"Dikarenakan saat ini masih musim hujan, PLN tetap menyiagakan petugas untuk terus memantau wilayah-wilayah yang betpotensi guna mengantisipasi apabila terjadi banjir kembali, selain itu PLN juga memberikan kemudahan bagi Pelanggan untuk saat ini bisa melakukan pelaporan stan kWH Meter melalui aplikasi PLN Mobile" kata Agung.

Baca juga: Pakar Sebut Tak Tepat Bandingkan Kerumunan di NTT dengan Kasus Petamburan

Dirinya menyampaikan apresiasi kepada seluruh petugas PLN yang telah dan terus bersiaga dalam mengamankan masyarakat yang terlanda musibah banjir. Secara keseluruhan, dalam mengamankan kelistrikan pasca banjir di Jabar, PLN telah menyiagakan sebanyak 3.799 personel.

PLN mengimbau masyarakat agar selalu waspada terhadap bahaya kelistrikan ketika musim hujan dan terjadi banjir, apabila air mulai masuk ke rumah, warga secara mandiri dapat mematikan listrik dari Mini Circuit Breaker (MCB) pada kWh meter.

"Untuk mengetahui informasi terkini atau menyampaikan aduan terkait kelistrikan serta mengetahui tagihan rekening listrik, masyarakat dapat mangaksesnya melalui aplikasi PLN Mobile," kata dia.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Noor Pratiwi
Penulis
Noor Pratiwi

Berita Terkait: