Pantau Flash
Mantap! DKI Jakarta Catat Angka Kesembuhan Harian Covid-19 Tertinggi
Wagub DKI Jakarta Rangkul Ormas untuk Jaga Stabilitas Ibu Kota, Sebut Bentuk Kolaborasi dengan Pemerintah
Pemerintah Turunkan Harga PCR Rp275 Ribu, Langsung Berlaku Mulai Hari Ini
Ribuan Ormas di Jakarta Deklarasikan Diri untuk Amankan Ibu Kota pada Pemilu 2024
Sah! Harga PCR Resmi Turun Jadi Rp275 Ribu, di Luar Jawa-Bali Rp300 Ribu

Malindo Air: Kebocoran Data Disebabkan Mantan Staf Perusahaan Kontraktor

Headline
Malindo Air: Kebocoran Data Disebabkan Mantan Staf Perusahaan Kontraktor Pesawat Malindo Air (Foto: Instagram/Malindo Air)

Pantau.com - Ramai diberitakan dan telah melakukan investigasi, Malindo Air mengatakan bahwa dua mantan karyawan kontraktor e-commerce bertanggung jawab atas pelanggaran data penumpang.

Malindo Air mengumumkan pelanggaran tersebut minggu lalu setelah perusahaan cybersecurity yang bermarkas di Moskow, Kaspersky Lab mengatakan dalam sebuah laporan bahwa rincian sekitar 30 juta penumpang Malindo dan anak perusahaan Lion Group lainnya, Thai Lion Air, diposting di forum online.

Kaspersky mengatakan sebagian dari database yang bocor itu dijual di web gelap.

Baca juga: Malindo Air Angkat Bicara Soal Dugaan Pembobolan Data Penumpang

Malindo Air mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dua mantan karyawan penyedia layanan e-commerce GoQuo (M) Sdn Bhd di pusat pengembangan mereka di India "secara tidak benar mengakses dan mencuri data pribadi pelanggan kami".

Maskapai itu mengatakan, pelanggaran data sejak itu telah diatasi dan masalah tersebut telah dilaporkan ke polisi di Malaysia dan India.

Malindo Air juga mengatakan pelanggaran itu tidak terkait dengan keamanan arsitektur data penyedia layanan Amazon, Amazon Web Services, dan tidak ada detail pembayaran pelanggan yang dikompromikan.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Nani Suherni

Berita Terkait: