Mau Bawa Mainan dari Luar Negeri? Mulai Besok Diterapkan Aturan Baru Lho

ilustrasi (weforum.org)ilustrasi (weforum.org)

Pantau.com Pemerintah melalui Keputusan Menteri Perindustrian, menerbitkan aturan baru soal ketentuan masuknya mainan dari luar negeri. Nantinya, aturan yang bakal mulai berlaku besok, Selasa (23/1/2018), hanya mengizinkan penumpang pesawat dari luar negeri untuk membawa mainan maksimal lima (5) buah per orang. 

“Barang penumpang dilihat ada 5 piece per orang melalui udara. Melalui barang kiriman minimal 3 piece, per 30 hari,” kata Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga Direktorat Jenderal Bea Cukai, Robert Leonard Marbun, Senin (22/1/2018). Robert menyampaikan aturan baru dimaksud untuk mempertegas aturan mengenai barang penumpang dan kiriman. 

Sementara itu Kasubdit Komunikasi dan Publikasi Direktorat Jenderal Bea Cukai, Deni Surjantoro mengatakan aturan baru soal mainan dari luar negeri untuk mempertegas mainan yang dibeli untuk keperluan pribadi atau untuk dijual kembali atau dagang. “Dengan seperti ini, kita akhiri untuk tujuan dagang dan pribadi,” kata Deni.

Dia menjelaskan bila membawa mainan di atas 5 buah, maka mainannya wajib disertai label Standar Nasional Indonesia (SNI). Jadi misalnya ada yang membawa enam (6) mainan maka yang 5 bisa dibawa langsung dan satunya mesti disertai label SNI.

Tim Pantau
Penulis
Martina Prianti